Kamis, 12 Maret 2020

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas #1

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas 
1. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1). Perencanaan
2). Pengorganisasian;
3). Penggerakan;
4). Pelayanan informasi;
5). Pelaksanaan hubungan internal dan eksternal;
6). Audit komunikasi kehumasan;
7). Pembinaan kehumasan;
8). Pengembangan pelayanan informasi dan kehumasan;

Berdasarkan pernyataan tersebut, manakah yang termasuk kedalam rangkaian kegiatan pelayanan informasi dan kehumasan yang dilaksanakan oleh seorang pranata humas?
a. 1, 2, 3, 4, dan 8
b. 1, 4, 5, 6, dan 8
c. 1, 3, 4, 5, dan 8
d. 1, 2, 3, 4, dan 6
e. 1, 3, 4, 5,  dan 7

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat dan Angka Kreditnya, disebutkan bahwa kegiatan pelayanan informasi dan kehumasan adalah kegiatan atau upaya yang dilakukan oleh pranata humas, mulai dari perencanaan, pelayanan informasi, pelaksanaan hubungan internal dan eksternal, audit komunikasi kehumasan, dan pengembangan pelayanan informasi dan kehumasan.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Jawaban b 
Latihan Soal SKB Pranata Humas 1
Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas 
2. Kegiatan yang dilakukan oleh pranata humas dalam rangka pemeriksaan, analisis, dan evaluasi terhadap proses atau sistem komunikasi internal dan eksternal di lingkungan instansi pemerintah dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas suatu kegiatan atau program komunikasi disebut….
a. Pembinaan komunikasi terpadu
b. Audit komunikasi kehumasan
c. Pemetaan komunikasi kehumasan
d. Rekonsiliasi pelayanan informasi kehumasan
e. Diseminasi komunikasi dan informasi kehumasan

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat dan Angka Kreditnya, dapat kita identifikasi bahwa kegiatan sebagaimana disebutkan pada soal, merupakan kegiatan yang termasuk kedalam audit komunikasi kehumasan.

Jawaban b

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas 
3. Aristoteles mengungkapkan bahwa komunikasi terdiri dari tiga unsur, yaitu adanya pembicara (speaker), pesan yang sampaikan (speech), dan pendengar (listener). Adapun keberhasilan dari kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pembicara dalam rangka mempengaruhi pendengar melalui pesan yang disampaikan tersebut ditunjang oleh faktor sebagai berikut, yaitu….
a. ethos (kredibilitas pembicara), logos (pesan yang disertai dengan bukti-bukti), dan phatos (menyentuh emosi pendengar). 
b. ethos (membangkitkan emosi pendengar), logos (latar belakang pendidikan pembicara), dan phatos (kemampuan persuasi). 
c. ethos (sistematika pesan yang rapi), logos (niat baik pembicara), dan phatos (kemampuan mempengaruhi pendengar).
d. ethos (sesuai dengan fakta), logos (sesuai dengan logika), dan phatos (mengutamakan unsur seni)
e. ethos (sabar), logos (mempunyai niat baik), dan phatos (mengandung unsur retorika).

Pembahasan Jawaban
Menurut Aristoteles, keberhasilan dari kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pembicara kepada pendengar dalam rangka memberikan pengaruh kepadanya, ditunjang oleh tiga faktor yang terdiri dari ethos, logos dan phatos. 

A. Ethos
Ethos adalah salah satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan pembicara dalam mempengaruhi pendengar. Secara garis besar, ethos berkaitan dengan kredibilitas pembicara (kualitas pribadi yang dimiliki oleh pembicara yang dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pendengar). Unsur yang mempengaruhi kredibilitas pembicara misalnya, latar belakang pendidikan, rekam jejak pembicara, penampilan, profesi, jabatan popularitas, dan lain-lain.

B. Logos
Faktor lain yang dapat menunjang keberhasilan pembicara dalam mempengaruhi pendengar adalah logos. Pada dasarnya, logos berkaitan dengan cara pembicara untuk meyakinkan pendengar melalui bukti-bukti yang jelas. Bukti-bukti tersebut, dapat berupa dokumen, foto, hasil riset, statistik, dan lain-lain 

C. Phatos
Phatos merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan pembicara dalam mempengaruhi pendengar. Phatos berkaitan dengan cara untuk menyentuh emosi pendengar agar merasa tertarik, simpati, atau mempercayai hal-hal yang disampaikan oleh pembicara melalui narasi yang menceritakan pengalaman pribadi, analogi, maupun kata-kata yang diucapkan oleh tokoh terkenal.

Berdasarkan uraian yang telah disampaikan, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.

Jawaban a

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas 
4. Unsur-unsur yang terdapat dalam komunikasi, yaitu adanya source (sumber pesan), message (pesan yang disampaikan), channel (media yang digunakan untuk menyampaikan pesan) dan receiver (penerima pesan). Empat unsur ini biasa disingkat dengan SMCR. Adapun SMCR ini merupakan….
a. model komunikasi Berlo
b. model komunikasi S-R
c. model komunikasi Newcomb
d. model komunikasi Lasswell
e. model komunikasi Garbner

Pembahasan Jawaban
Model komunikasi yang didalam menyebutkan bahwa unsur-unsur dalam komunikasi terdiri dari source, message, channel, dan receiver adalah model komunikasi sebagaimana diungkapkan oleh David Kenneth Berlo (model komunikasi Berlo).

Jawaban a

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas 
5. Setiap jenjang karir pranata humas memiliki rincian kegiatan tertentu yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas dan mendapatkan angka kredit. Adapun kegiatan mengumpulkan data untuk perencanaan pelayanan informasi merupakan rincian kegiatan dari….
a. pranata humas penyelia.
b. pranata humas mahir.
c. pranata humas terampil.
d. pranata humas ahli pertama.
e. pranata humas ahli muda.

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Humas dan angka kreditnya, disebutkan bahwa kegiatan mengumpulkan data untuk perencanaan pelayanan informasi merupakan rincian kegiatan dari seorang pranata humas terampil.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.

Jawaban c 

Demikian latihan soal SKB CPNS tentang Pranata Humas yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami, dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru
Channel Telegram SKB CPNS Terbaru
Grup Telegram SKB CPNS

4 komentar:

  1. Soal skb utk pengelola pengaduan publik dong min..di share..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga ambil pengelola pengaduan publik, bisa saling sharing materi kalau mau

      Hapus
    2. mau banget kak,lanjut wa aja gimana kak?

      Hapus
    3. mau banget kak,lanjut wa aja gimana kak?

      Hapus