Sabtu, 09 Maret 2019

Soal dan Pembahasan Jawaban TKP CPNS 2018 - 2

Soal TKP CPNS 2018 - berbeda dengan pelaksanaan seleksi CPNS 2017 yang mana soal TKP adalah soal yang paling mudah, namun semua itu berubah saat tes CPNS 2018. Pada tes CPNS 2018, soal tes karakteristik pribadi (TKP) adalah soal yang sulit dan paling banyak menggugurkan peserta tes. Oleh sebab itu, untuk mempersiapkan diri menghadapi soal TKP pada seleksi CPNS 2019 mendatang, berikut ini kami sampaikan contoh soal TKP CPNS tahun lalu (Soal TKP CPNS 2018).

Contoh Soal TKP CPNS 2018
1. Anda diminta oleh atasan untuk membuat sebuah laporan pelaksanaan tugas. Namun, ketika Anda hendak mencetak laporan dimaksud, file laporan yang Anda buat tiba-tiba corrupt karena terkena virus, sedangkan atasan Anda meminta laporan tersebut segera. Apa yang akan Anda lakukan ?
a. Segera mencari solusi dari permasalahan tersebut melalui google.
b. Segera memanggil tim IT untuk menangani permasalahan tersebut.
c. Segera memindahkan file kedalam flash disk.
d. Segera melapor kepada atasan bahwa file terkena virus.
e. Segera meminta teman untuk membantu menangani permasalahan tersebut.

Pembahasan Jawaban Soal TKP CPNS 2018
Berdasarkan soal tersebut, Anda sedang diminta untuk membuat sebuah laporan dan Anda telah menyelesaikan pembuatan laporan dimaksud. Namun ketika hendak mencetak laporan yang telah anda selesaikan, file laporan tersebut tiba-tiba corrupt karena terkena virus sehingga tidak bisa dicetak.

Disisi lain atasan Anda meminta segera laporan dimaksud, maka tindakan efektif yang seharusnya dilakukan adalah tindakan yang secara efektif dapat menyelesaikan masalah tersebut dalam waktu yang singkat.

Pilihan jawaban a merupakan jawaban yang cukup tepat. Namun, mencari solusi permasalahan melalui google dalam kondisi ini bukan cara yang terbaik, mengingat kita harus browsing mencari dan mencoba cara mana yang tepat untuk diimplementasikan dan hal tersebut membutuhkan waktu yang relatif lama dan belum tentu menyelesaikan masalah Anda secara efektif mengingat laporan harus segera diberikan kepada atasan.

Pilihan jawaban b merupakan jawaban yang tepat. Alasannya karena meminta bantuan kepada orang yang tepat dan ahlinya merupakan solusi yang tepat pada kondisi ini.

Pilihan jawaban c merupakan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena file Anda sudah terkena virus, walaupun dipindahkan ke flash disk tetap akan ada virus bahkan bisa jadi menyebarkan virus ke file lain yang ada di flash disk.

Pilihan jawaban d adalah jawaban yang tepat. Alasannya, karena dalam soal tersebut atasan Anda meminta laporan segera, maka ketika ada permasalahan dengan laporan yang dibuat, Anda segera laporan kepada atasan sehingga beliau mengetahui sudah sejauhmana laporan yang dibuat. 

Pilihan jawaban e mirip dengan pilihan jawaban b. Namun perbedaannya, pada jawaban b Anda meminta kepada ahlinya sedangkan pada jawaban e Anda meminta kepada orang yang belum tentu ahli sedangkan laporan harus segera diberikan kepada atasan.

Berdasarkan uraian tersebut, pilihan jawaban b dan d adalah jawaban yang sama-sama tepat. Namun, dalam kondisi ketika file laporan tiba-tiba corrupt karena terkena virus dan laporan harus segera diberikan kepada atasan sebaiknya segera memanggil tim IT untuk menangani permasalahan dimaksud daripada segera melaporkan kepada atasan yang menimbulkan kepanikan dan atasan Anda marah karena kelalaian Anda yang menyebabkan file corrupt dan terkena virus.

Kemudian apabila diteliti secara lebih seksama, pilihan jawaban b lebih menawarkan solusi daripada pilihan jawaban d yang cenderung memberitahu saja bahwa file belum bisa dicetak karena corrupt karena terserang virus, tanpa ada solusi yang ditawarkan untuk memperbaiki file dimaksud.

Kemudian pertimbangan lainnya, bahwa atasan tidak sedang berada di hadapan Anda sehingga pilihan jawaban b lebih tepat pada kondisi ini. Jawaban b.
  
Contoh Soal TKP CPNS 2018
2. Siska adalah seorang mahasiswi fakultas kedokteran di universitas ternama. Adapun pada semester pertengahan, dia mengalami depresi berat karena ayahnya meninggal akibat kecelakaan pesawat terbang. Akibat depresi berat itu, Siska terpaksa mengambil cuti dan melakukan terapi pengobatan sampai depresinya sembuh. Kini Siska telah lulus dari kuliahnya dan ingin melanjutkan menjadi dokter spesialis. Namun, panitia seleksi menggugurkannya karena Siska memiliki riwayat gangguan kejiwaan. Menurut Anda, bagaimana sikap panitia seleksi tersebut kepada Siska ?
a. Tidak Setuju karena panitia seleksi telah melakukan hal yang semena-mena dengan menggugurkan Siska dalam seleksi tersebut.
b. Kurang setuju karena panitia seleksi telah melanggar hak asasi manusia dengan menggugurkan Siska dalam seleksi tersebut.
c. Kurang setuju karena panitia seleksi seharusnya menerima Siska karena dia telah sembuh dari depresi beratnya serta telah lulus kuliah.
d. Setuju karena panita seleksi sudah tepat dengan menggugurkan Siska.
e. Setuju karena panitia seleksi sudah tepat dengan menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

Pembahasan Jawaban Soal TKP CPNS 2018
Berdasarkan soal tersebut, Anda diminta untuk menilai tindakan panitia seleksi terhadap Siska karena telah menggugurkannya dengan alasan bahwa dia mempunyai riwayat gangguan kejiwaan.

Bila kita amati, tahapan yang sedang berlangsung dalam soal dimaksud adalah tahapan seleksi administrasi. Tahapan seleksi administrasi bertujuan untuk mencocokan data diri peserta dengan persyaratan yang diminta.

Tugas panitia seleksi untuk mencocokan data peserta sesuai persyaratan yang diminta, jika peserta sesuai dengan persyaratan maka panitia seleksi meluluskannya, tetapi bila ada peserta yang tidak sesuai dengan persyaratan maka pantia seleksi menggugurkannya.

Begitupula dengan kasus Siska, tindakan panitia seleksi sudah tepat karena melaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku dan hal tersebut bukan hal yang semena-mena serta melanggar hak asasi manusia (HAM), maka pilihan jawaban a dan b tidaklah tepat.

Adapun untuk pilihan jawaban c juga merupakan jawaban yang tidak tepat. Alasannya karena peraturannya sudah jelas bahwa tidak boleh mempunyai riwayat gangguan kejiwaan, sehingga meski sudah sembuh tetap tidak memenuhi persyaratan sesuai yang diminta.

Selanjutnya, untuk pilihan jawaban d dan e pilihan jawaban hampir sama. Namun, pilihan jawaban yang lebih tepat adalah pilihan jawaban e. Alasannya karena pada pilihan jawaban e dijelaskan alasan panitia seleksi menggugurkannya yaitu karena melaksanakan tugas sebagaimana mestinya yaitu menyeleksi peserta. Jawaban e.


Latihan Soal Tes Karakteristik Pribadi CPNS

Contoh Soal TKP CPNS 2018
3. Suatu hari Anda ditugaskan untuk melaksanakan dinas luar ke suatu desa adat. Di desa tersebut Anda dijamu dengan makanan yang dalam agama Anda, makanan tersebut dilarang untuk dimakan. Bagaimana sikap Anda ?
a. Memakan makanan tersebut sebagai wujud toleransi dalam beragama.
b. Tidak memakannya dan menanyakan manfaat makanan tersebut bagi kesehatan.
c. Memakan sedikit makanan tersebut untuk menghormati.
d. Tidak memakan makanan tersebut dan menanyakan hal lain tentang adat dan kebudayaan di desa tersebut agar lebih memahami kebiasaan-kebiasaannya.
e. Tidak memakan makanan tersebut dan memberikan arahan agar mereka juga tidak memakannya karena dilarang agama.

Pembahasan Jawaban Soal TKP CPNS 2018
Berdasarkan soal tersebut, Anda ditugaskan untuk melaksanakan dinas luar ke suatu desa adat. Adapun di desa tersebut, Anda dijamu dengan makanan yang dalam peraturan agama Anda, makanan tersebut dilarang untuk dimakan. Hal yang menjadi dilematis disini, apakah Anda akan menyantap makanan tersebut sebagai wujud penghormatan dan toleransi atau Anda akan mempertahankan peraturan agama Anda ?

Pilihan jawaban a merupakan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena menyantap makanan yang dilarang oleh agama bukan merupakan wujud toleransi dan penghormatan dalam beragama, sehingga Anda tidak semestinya melakukan hal tersebut.

Selain dari itu, pilihan jawaban a juga cenderung memperlihatkan bahwa Anda kurang memiliki integritas dan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar.

Pilihan jawaban b juga merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, meskipun Anda memiliki integritas dengan mematuhi peraturan agama Anda, namun disisi lain menanyakan apa manfaat makanan tersebut bagi kesehatan berpotensi menyinggung pihak yang memberikan jamuan.

Pertanyaan tersebut, seolah-olah menandakan bahwa makanan yang disajikan kurang baik untuk kesehatan sehingga Anda tidak memakannya. Padahal, ketika seseorang dijamu, maka pihak yang menjamu cenderung memberikan makanan terbaik untuk disajikan kepada tamunya.

Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena jawaban c memperlihatkan Anda kurang memiliki integritas dan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya karena Anda memiliki integritas dengan mematuhi peraturan agama Anda. Selanjutnya, Anda pun menanyakan hal yang bersifat positif dan memiliki ketertarikan dengan adat dan kebudayaan desa tersebut yang bertujuan untuk membangun komunikasi yang baik.

Ketika Anda membangun komunikasi yang baik, maka Anda memiliki peluang untuk menyampaikan bahwa sebenarnya adat dan kebudayaan yang ada pada Anda dan mereka sedikit berbeda termasuk pada makanan yang Anda santap.

Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, meskipun Anda memiliki integritas dengan mematuhi peraturan agama Anda, tetapi karena adat dan budaya antara Anda dan mereka berbeda makan hal tersebut tidak dapat dipaksakan serta berpotensi menimbulkan ketersinggungan. 

Contoh Soal TKP CPNS 2018
4. Teman dekat Anda akan merayakan ulang tahun anaknya dan Anda diundang pada acara tersebut. Namun disisi lain, anak Anda sedang sakit keras dirumah. Bagaimana sikap Anda ?
a. Memenuhi undangan tersebut dan mempercayakan anak Anda kepada istri.
b. Memenuhi undangan tersebut dan menghubungi istri ditempat pesta untuk memastikan kondisi anak Anda.
c. Memenuhi undangan tersebut karena tidak enak pada teman dekat Anda.
d. Membawa anak ke dokter dan meminta maaf kepada teman dekat bahwa Anda tidak bisa datang ke acara ulang tahun anaknya.
e. Membawa anak ke dokter untuk dirawat, setelah itu langsung pergi ke acara ulang tahun anak teman dekat Anda.

Pembahasan Jawaban Soal TKP CPNS 2018
Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya karena Anda berada pada posisi sebagai Kepala Keluarga yang sudah semestinya bertanggung jawab mengayomi keluarga Anda. Apabila ada anggota keluarga Anda sakit keras, maka prioritas utama pada kondisi tersebut adalah bagaimana caranya agar anak Anda cepat sembuh.

Oleh sebab itu dalam kondisi ini, sebaiknya Anda bersama istri mengupayakan cara terbaik agar anak Anda cepat sembuh dan bukan mempercayakannya pada istri saja.

Pilihan jawaban b dan c juga tidak tepat karena pada kondisi ini yang harus menjadi prioritas adalah bagaimana cara mengupayakan agar anak Anda cepat sembuh.

Pilihan jawaban d merupakan jawaban yang tepat. Alasannya karena Anda menunjukan tanggung jawab Anda sebagai kepala keluarga dan mengutamakan hal yang menjadi prioritas. Meminta maaf kepada teman Anda juga merupakan tindakan yang tepat dan dapat dimaklumi mengingat anak Anda sedang sakit keras.

Pilihan jawaban e kurang tepat. Alasannya karena Anda hanya mengantarkan anak Anda ke dokter kemudian langsung pergi ke pesta ulang tahun yang sifat acaranya kurang prioritas bila dibandingkan dengan menemani anak Anda yang sedang sakit keras. Pada kondisi ini, apabila Anda tidak bisa hadir merupakan suatu hal yang dapat dimaklumi oleh teman dekat Anda. 

Contoh Soal TKP CPNS 2018
5. Kamu sebagai seorang polisi, kemudian ada salah seorang yang minta didahulukan dalam pembuatan SKCK karena lusa harus segera diberikan ke tempat kerja, padahal situasi saat itu pemohon SKCK juga sangat banyak. Sebagai Polisi apa yang harus kamu lakukan ?
a. Tetap meminta orang itu untuk antre karena banyak juga SKCK yang harus diurus dari pemohon lain.
b. Meminta orang tersebut untuk tetap antre
c. Menyuruh orang itu untuk ikut sesuai aturan yaitu antre
d. Tidak peduli dan tetap memaksa orang itu untuk antre.
e. Meminta petugas untuk mendahulukan orang tersebut karena harus segera diberikan ke tempat kerja.

Pembahasan jawaban Soal TKP CPNS 2018
Berdasarkan soal tersebut, kamu berperan sebagai seorang polisi. Citra Polisi identik dengan sosok penegak aturan, adil, disiplin dan pengayom masyarakat.

Pada pilihan jawaban a, alasan yang diungkapkan kurang tepat, hal ini disebabkan jawaban tersebut membuka celah untuk melanggar peraturan karena orang itu diminta antre dengan alasan permohonan SKCK sangat banyak, tapi bila permohonan SKCK sedang normal atau sedikit maka seolah-olah pemohon yang minta didahulukan bisa dipenuhi permintaannya.

Pilihan jawaban b cukup tepat, alasannya jika ada orang yang berusaha minta didahulukan / menyela antrean, hal masuk akal yang dilakukan adalah meminta orang tersebut untuk tetap antre.

Pilihan jawaban c adalah jawaban yang tepat karena lebih baik dari jawaban b. Pada jawaban b, orang diminta untuk antre tanap diberikan penjelasan mengapa permintaannya untuk didahulukan tidak bisa dilakukan. Berbeda dengan jawaban c, pada jawaban c diberikan penjelasan mengapa orang tersebut harus antre yaitu agar mengikuti sesuai aturan yang berlaku dan sifat ini merupak sifat identitik dari polisi sebagai penegak aturan.

Pilihan jawaban d kurang tepat karena sikap tidak peduli bukan sikap pengayom masyarakat, apalagi pada soal ini selain sebagai polisi, Anda juga sebagai bagian dari petugas Pelayanan yang harus memiliki kepedulian.

Pilihan jawaban e kurang tepat karena hal tersebut mencederai keadilan dan citra polisi sebagai penegak aturan. 

Demikian soal dan pembahasan jawaban TKP CPNS 2018 yang dapat kami sampaikan, baca juga artikel kami yang lainnya untuk menambah wawasan dan kesiapan Anda dalam menghadapi tes CPNS. Terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS 2019
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Tahun 2019
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Tahun 2019

6 komentar:

  1. Mantap min, tambah terus soal tkp nya ya min bermanfaat nih ๐Ÿ™

    BalasHapus
  2. Insya Allah mas, akan kami update soal TKP nya secara berkala.
    Terima kasih banyak ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, terimakasih banyak Admin.. Soal-soal disini sangat bermanfaat. Semoga akan ada lebih banyak lagi latihan soal-soal seperti ini dari blog ini. Terimakasih banyakkkk :)

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, terimaksih banyak Admin.. Soal-soal ini sangat bermanfaat. Saya berharap blog ini bisa terus memberikan soal-soal seperti ini karena sangat membantu. Sekali lagi terimakasih, ditunggu postingan-postingan selanjutnya min:)

    BalasHapus
  5. iya alhamdulillah apabila soal-soal TKP CPNS yang terdapat di blog ini bisa bermanfaat,
    terima kasih mba meli, insya Allah soal-soal CPNS TKP, TIU maupun TWK akan kami update secara berkala

    BalasHapus
  6. Makasih banyak soal dan pembahasannya
    Sangat membantu

    BalasHapus