Selasa, 05 Maret 2019

Soal dan Pembahasan Jawaban TKP CPNS 2018 - 1

Pada seleksi CPNS 2018, soal tes karakteristik pribadi (TKP) adalah soal yang paling banyak menggugurkan peserta tes, ada peserta yang mendapatkan nilai sampai 400 namun dinyatakan tidak lolos karena terkendala passing grade TKP sebesar 143. Oleh sebab itu, untuk mempersiapkan diri menghadapi soal TKP pada pelaksanaan tes CPNS 2019 mendatang, berikut ini kami sampaikan contoh soal TKP CPNS tahun lalu (Soal TKP CPNS 2018). 

Contoh Soal TKP CPNS 2018 #1
1. Facebook dan twitter adalah media sosial yang sedang digandrungi oleh berbagai kalangan, baik dari kalangan pelajar, pekerja maupun masyarakat luas pada umumnya. Jika Anda memiliki teman dekat yang mengunggah video viral tentang kekerasan di media sosial pribadinya, sebagai teman dekat apa yang akan Anda lakukan ?
a. mengirimi pesan kepada teman Anda bahwa yang dilakukannya adalah etika yang kurang baik.
b. menulis komentar di sosial media bahwa yang dilakukannya adalah etika yang kurang baik.
c. membiarkannya karena video viral tentang kekerasan adalah hal yang biasa dan tidak perlu dibesar-besarkan.
d. melaporkan kepada atasan bahwa teman Anda mengunggah video kekerasan.
e. memberitahunya secara langsung ditempat kerja bahwa yang dilakukannya adalah etika yang kurang baik.

Kunci Jawaban Soal TKP CPNS 2018 #1
Berdasarkan soal tersebut, Anda berada diposisi sebagai teman dekat dari seseorang yang telah mengunggah video viral tentang kekerasan. Mengunggah video tentang kekerasan secara etika kurang baik, karena mempertontonkan tindakan sadis, tragis atau brutal yang tidak layak dikonsumsi oleh publik. Meskipun bisa saja teman Anda memiliki niat yang baik, namun tindakan tersebut tetap dipandang kurang etis bahkan menyinggung nilai-nilai kemanusiaan.

Meskipun teman Anda melakukan tindakan yang kurang baik secara etika, tetapi pada dasarnya tidak ada orang yang ingin disalahkan walaupun orang tersebut memang bertindak salah dan mengakui dalam hatinya salah. Oleh sebab itu, Anda sebagai teman dekat yang peduli terhadap teman dekatnya tentu akan berusaha mengingatkannya, namun dengan cara yang baik dan dapat diterima oleh perasaan serta akal.

Bila kita analisis, pilihan jawaban c bisa langsung kita eliminasi karena tidak mencerminkan tindakan peduli terhadap teman dekat. Selanjutnya, jawaban d juga bisa langsung di eliminasi, karena kita tidak harus melaporkan kepada atasan yang bisa saja menimbulkan permasalahan baru dan tidak menyelesaikan masalah sesuai konteks soal.

Adapun pilihan jawaban b yaitu menulis komentar di sosial media bahwa yang dilakukannya adalah etika yang kurang baik juga tidak tepat. Alasannya komentar yang Anda tulis di media sosial bisa dibaca oleh orang lain sehingga bisa berakibat mempermalukan teman dekat Anda sendiri.

Pilihan jawaban yang tersisa adalah pilihan jawaban a dan e. Pilihan jawaban a cukup baik, karena Anda mengingatkan teman Anda melalui pesan tanpa beresiko mempermalukan teman Anda sendiri di sosial media. Namun disisi lain, mengingatkan melalui pesan berpotensi menimbulkan kesalahpahaman yang cukup tinggi dibandingkan dengan memberitahunya langsung ditempat kerja sehingga tindakan yang paling baik diantara semuanya adalah pilihan jawaban e.     

Contoh Soal TKP CPNS 2018 #2
2. Anda melihat seorang anak kecil sedang menyebrang di jalan raya yang khawatir bila tidak ada yang menyebrangkan dapat menyebabkan kecelakaan. Jika Anda berada pada situasi tersebut sedangkan waktu ke kantor sudah terlambat 10 menit. Apa yang akan Anda lakukan ?
a. memarkirkan motor ditempat aman terdekat dan menyebrangkan anak kecil tersebut walaupun Anda akan semakin telat ke kantor.
b. membiarkan anak kecil tersebut, karena nanti pasti akan ada orang lain yang menolongnya.
c. bertanya pada anak kecil tersebut, apakah dia bisa menyebrang sendiri atau memerlukan bantuan.
d. memberhentikan pengendara lain dan memohon kepadanya untuk menyebrangkan anak tersebut karena Anda sudah telat masuk kantor.
e. menyuruh anak kecil tersebut pulang ke orang tuanya sehingga dapat membantu menyebrangkan anaknya tersebut.

Kunci Jawaban Soal TKP CPNS 2018 #2
Bila kita perhatikan, pada soal ini Anda berada pada posisi dilematis. Pada satu sisi, Anda sudah tidak punya waktu banyak karena sudah terlambat 10 menit pergi ke kantor. Namun disisi lain, Anda juga tidak mungkin membiarkan begitu saja anak kecil menyebrang di jalan raya yang berpotensi kecelakaan.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya karena Anda kurang peduli dengan keadaan sekitar dan terlalu berharap kepada orang lain agar mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri.

Pilihan jawaban c juga merupakan jawaban yang tidak tepat. Alasannya karena dalam soal telah dijelaskan bahwa akan ada potensi kecelakaan jika anak kecil tersebut tidak dibantu disebrangkan sehingga tindakan preventif untuk mencegah hal tersebut terjadi yaitu dengan membantu menyebrangkannya.

Pilihan jawaban d tidak tepat. Alasannya karena memberhentikan pengendara lain dan memohon kepadanya untuk menyebrangkan anak tersebut adalah tindakan yang tidak efektif. Bisa saja pengendara lain yang Anda berhentikan mempunyai kepentingan lain yang mendesak dan merasa tersinggung di suruh oleh Anda.

Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya karena hampir sama dengan pilihan jawaban b. Anda terlalu berharap banyak/bergantung kepada orang lain agar mengerjakan yang sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri.

Piliha jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya karena Anda peduli dan melakukan tindakan preventif dengan membantu menyebrangkan anak kecil tersebut. Adapun berkaitan dengan keterlambatan karena sejak awal Anda sudah terlambat. Adapun bila atasan Anda bertanya mengapa terlambat, sampaikanlah alasan yang sebenarnya tanpa memanfaatkan menyebrangkan anak kecil sebagai alasan utama keterlambatan Anda (faktor integritas dan orientasi terhadap orang lain).

Contoh Soal TKP CPNS 2018 #3  
3. Anda bekerja sebagai konsultan dibidang sumber daya manusia, kemudian ada seorang atasan perusahaan mempekerjakan Anda. Atasan tersebut mengatakan bahwa kinerja stafnya tidak optimal karena tidak mengetahui potensi dirinya. Apa yang akan Anda usulkan kepada atasan perusahaan tersebut ?
a. mengusulkan kepada atasan perusahaan tersebut agar memberikan arahan kepada staf tentang pekerjaan yang sedang dilakukan agar hasilnya memenuhi target kinerja.
b. mengusulkan kepada atasan perusahaan tersebut agar memberikan kesempatan kepada staf untuk melakukan berbagai kegiatan agar dapat menilai kinerjanya.
c. mengusulkan kepada atasan perusahaan tersebut agar para staf merenungkan tentang pekerjaannya sepulang dirumah agar memperoleh hasil yang maksimal.
d. mengusulkan kepada atasan perusahaan tersebut untuk memberikan daftar kelemahan dan kelebihan kepada staf yang telah Anda susun berdasarkan hasil wawancara atasan dan staf.
e. mengusulkan kepada atasan perusahaan tersebut agar memecat staf yang kerjanya tidak optimal.

Kunci Jawaban Soal TKP CPNS 2018 #3
Berdasarkan soal tersebut, Anda berada pada posisi sebagai konsultan dibidang Sumber Daya Manusia (SDM). Sebagai konsultan dibidang SDM, Anda tentunya dipandang memiliki kemampuan untuk menganalisis penyebab kinerja staf yang tidak optimal dan memberikan solusi yang tepat terkait permasalahan dimaksud.

Dalam soal tersebut, Anda bisa melihat bahwa alasan kinerja yang tidak optimal karena staf tidak mengetahui potensi dirinya, sehingga jawaban yang tepat adalah jawaban yang memberikan solusi bagaimana agar staf mengetahui potensi dirinya, baik itu kelebihan atau kekurangannya.

Pilihan jawaban e bisa langsung dieliminasi karena pihan jawaban tidak tepat. Memecat karyawan bukanlah solusi bijak apabila permasalahan bukan berkaitan dengan pelanggaran hukum. Apabila permasalahan yang dihadapi yaitu staf yang tidak mengetahui potensi dirinya, maka pilihan jawaban ini tidak mencerminkan Anda sebagai seorang konsultan yang profesional.

Pilihan jawaban a juga bukan merupakan pilihan jawaban tepat. Alasannya, karena dalam soal yang menjadi permasalahan adalah staf tidak mengetahui potensi dirinya. Pilihan jawaban a merupakan solusi, jika staf belum memahami prosedur kerja, sehingga tidak sesuai dengan konteks permasalahan dalam soal.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya karena dalam soal yang menjadi permasalahan adalah staf tidak mengetahui potensi dirinya. Pilihan jawaban b tidak memberikan gambaran kepada staf tentang potensi dirinya baik kelebihan atau kekurangannya.

Pilihan jawaban c juga kurang tepat. Alasannya karena staf disuruh merenungkan dan mencari sendiri potensi dirinya sendiri, sehingga peran Anda sebagai konsultan SDM profesional tidak nampak.

Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya karena pilihan jawaban memberikan solusi sesuai dengan konteks soal yang dimaksud. Apabila staf tidak mengetahui potensi dirinya maka solusi yang efektif diberikan adalah dengan memberikan daftar kelebihan serta kekurangan yang didapatkan dari kesimpulan melalui wawancara antara Anda dengan atasan serta wawancara antara Anda dengan staf.

Contoh Soal TKP CPNS 2018 #4 
4. Jika Anda sebagai Ketua RT yang akan menyiapkan acara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia di daerah Anda, sedangkan Anda tidak mungkin bekerja sendiri untuk menyelesaikan persiapan tersebut. Apa yang akan Anda lakukan ?
a. Anda mengundang warga masyarakat sekitar untuk melaksanakan rapat persiapan kegiatan tersebut dan jika ada yang tidak hadir Anda memakluminya.
b. Anda mengundang warga masyarakat sekitar untuk melaksanakan rapat persiapan tersebut dan mengupayakan warga yang bekerja di perusahaan untuk meminta izin tidak masuk kerja.
c. Anda mengundang warga masyarakat sekitar untuk wajib hadir pada rapat tersebut.
d. Anda menyewa orang profesional dan menggunakan uang pribadi untuk menyiapkan acara tersebut.
e. Anda mengundang warga masyarakat sekitar untuk melaksanakan rapat tersebut.  

Kunci Jawaban Soal TKP CPNS 2018 #4
Bila kita analisis, Anda berada pada posisi sebagai Ketua RT yang merupakan pemimpin masyarakat di lingkungan RT tersebut. Ketika ada sebuah acara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan, sebagai Ketua RT yang harus dilakukan adalah mengajak, memotivasi atau menggerakan masyarakat supaya berpartispasi dalam kegiatan dimaksud dalam rangka menyukseskan serta memeriahkan acara tersebut.

Pilihan jawaban b kurang tepat. Alasannya karena Anda mengupayakan sesuatu yang diluar kapasitas sebagai Ketua RT. Tindakan yang Anda lakukan kurang etis, karena Anda cenderung memaksakan kehendak dengan mengupayakan perusahaan untuk memberikan izin kepada pegawainya untuk mengikuti rapat yang Anda selenggarakan.

Pilihan jawaban c juga kurang tepat. Alasannya karena Anda cenderung memaksakan kehendak dengan cara mewajibkan warga untuk hadir pada kegiatan rapat yang Anda selenggarakan. Wajib artinya keharusan yang bila tidak dikerjakan akan mendapatkan sanksi.

Pilihan jawaban d merupakan jawaban yang tidak tepat. Alasannya karena Anda terkesan tidak percaya pada masyarakat dengan tidak melibatkannya. Padahal kegiatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan bukan acara milik seseorang akan tetapi acara milik bersama. Sebagai Pemimpin di lingkungan Anda, sebaiknya Anda mengajak, memotivasi atau menggerakan masyarakat sekitar untuk berpartisipasi demi memupuk gotong royong dan menghayati makna kemerdekaan.

Pilihan jawaban e merupakan jawaban yang cukup tepat karena Anda berusaha mengajak masyarakat sekitar untuk berpartispasi dalam kegiatan dimaksud.

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang piling tepat. Alasannya karena berbeda dengan pilihan jawaban e, pada pilihan jawaban a, Anda memiliki sikap bijaksana dengan memaklumi apabila ada masyarakat yang tidak bisa hadir.
  
Contoh Soal TKP CPNS 2018 #5
5. Diperusahaan anda baru saja memperbaharui salah satu perangkat IT guna mempermudah karyawan menyelesaikan tugasnya. Sikap Anda adalah ....
a. Mengajak rekan-rekan Anda untuk mencari informasi bagaimana mengoperasikan perangkat tersebut diwaktu kosong
b. Mencari informasi mengenai pengoperasian perangkat tersebut bersama rekan-rekan Anda
c. Meminta orang lain untuk mengajar Anda dan rekan-rekan Anda cara mengoperasikannya
d. Anda mengajak rekan-rekan Anda mencari informasi terkait pengoperasian perangkat tersebut sepulang kantor
e. Mencari informasi di internet dan mempelajarinya bersama rekan-rekan Anda

Kunci Jawaban Soal TKP CPNS 2018 #5
Untuk mencari pilihan jawaban yang paling tepat, kita perlu memahami bahwa para karyawan diperusahaan tersebut belum memahami cara pengoperasian perangkat IT dimaksud. Hal ini bisa dilihat dari pilihan jawaban yang semuanya mengarahkan pada "mencari informasi pengoperasian perangkat".

Pilihan jawaban a kurang tepat, alasannya karena dalam perusahaan sulit ditemukan waktu kosong, baik Anda dan rekan-rekan dituntut banyak tugas untuk mengejar target perusahaan. Waktu kosong hanya akan tersedia, jika Anda sengaja meluangkan sendiri waktu yang  Anda miliki dan belum tentu rekan-rekan Anda mau meluangkan waktu untuk mencari informasi mengingat banyak tugas yang mereka miliki

Pilihan jawaban b cukup tepat, karena tindakan masuk akal yang akan dilakukan apabila Anda dan karyawan perusahaan belum mengetahui cara pengoperasian suatu perangkat IT adalah dengan mencari informasi yang dibutuhkan.

Pilihan jawaban c lebih tepat dibandingkan dengan pilihan jawaban b, alasannya karena pada pilihan jawaban c penggunaan waktu untuk mencari informasi bisa dilakukan secara efektif dan efisien. Meminta orang lain  untuk mengajar Anda dan rekan-rekan Anda cara pengoperasian merupakan tindakan terbaik mengingat hampir seluruh karyawan belum mengetahui cara pengoperasian. Dengan meminta orang lain mengajari yang bisa kita ibaratkan seperti training plus sesi tanya jawab maka pengetahuan tentang pengoperasian perangkat IT dimaksud bisa lebih maksimal diserap oleh Anda dan rekan-rekan Anda.

Model pilihan jawaban d mirip dengan pilihan jawaban a, kemudian bila kita analisis pilihan jawaban d kurang tepat. Alasannya karena sepulang kantor adalah waktunya pulang ke rumah untuk beristirahat setelah seharian bekerja apalagi bagi orang-orang yang sudah berkeluarga sepulang kantor bukan waktu yang tepat digunakan untuk mencari infomrasi tapi waktunya untuk berkumpul dengan keluarga.

Model pilihan jawaban e mirip dengan pilihan jawaban b, tetapi pilihan jawaban e lebih jelek karena pencarian informasi hanya dibatasi dari internet sedangkan sumber informasi bukan hanya internet saja dan terdapat kata kunci "mempelajari bersama" yang berarti bahwa Anda dan rekan-rekan belajar otodidak tanpa guru pembimbing yang dikhawatirkan menyebabkan error pada perangkat IT tersebut.

Demikian soal dan pembahasan jawaban TKP CPNS 2018, baca lagi artikel menarik lainnya untuk menambah wawasan dan kesiapan Anda dalam menghadapi tes CPNS. Terima kasih
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS 2019
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Tahun 2019
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Tahun 2019

1 komentar:

  1. terimakasih, sangat membantu dalam persiapan menghadapi test CAT asn 2020

    BalasHapus