Rabu, 04 Januari 2023

Belajar Kotlin Menggunakan Kotlin Playground

Pengertian Kotlin


Kotlin adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh JetBrains yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis multiplatform (aplikasi berbasis desktop, web, android, iOS dan lain-lain). Nama Kotlin terinspirasi dari nama sebuah pulau di Rusia yang berada dekat dengan kantor perusahaan pengembang bahasa pemrograman ini (JetBrains).


Membuat Hello World Menggunakan Kotlin


Dalam tradisi dunia pemrograman, ketika seseorang mempelajari bahasa pemrograman baru, maka aplikasi yang sering dijadikan contoh awal untuk mengenal bahasa pemrograman tersebut, yaitu dengan cara membuat aplikasi Hello World.


Aplikasi Hello World adalah aplikasi yang ketika dijalankan, maka aplikasi tersebut akan menampilkan sebuah kalimat, yaitu Hello World di layar. Untuk tahapan awal, kita akan menggunakan Kotlin Playground untuk membuat aplikasi Hello World. 


Alasannya, karena untuk menggunakan Kotlin Playground, kita hanya membutuhkan browser dan koneksi internet saja, sehingga tidak perlu menginstall aplikasi lain. Untuk menggunakan aplikasi Kotlin Playground, kunjungi link berikut ini : 

https://play.kotlinlang.org/

Membuat Hello World Menggunakan Kotlin.
Tampilan Awal Kotlin Playground

Setelah masuk kedalam Kotlin Playground, hapus semua tulisan yang terdapat pada kolom code editor. Kemudian ketik kode berikut ini dan tekan tombol run :
fun main() {
   println("Hello World")
}

Pembahasan Kode:
fun = merupakan kependekan dari function. Dalam Kotlin, Function berfungsi sebagai wadah untuk menampung sekumpulan kode yang dapat melakukan suatu tugas tertentu.
main() = merupakan kode yang harus ada pada setiap program yang dibuat dengan bahasa pemrograman Kotlin. Kode ini digunakan sebagai pintu masuk (entry point) yang memberitahukan bahwa kode yang dijalankan harus dimulai dari sini terlebih dahulu.
println =  merupakan kode yang berisi perintah untuk menampilkan tulisan sesuai yang diinginkan. Pada contoh aplikasi ini, tulisan yang ingin ditampilkan adalah Hello World

Setelah tombol run ditekan, maka akan muncul tulisan Hello World. Selamat, Anda telah berhasil membuat aplikasi pertama dengan menggunakan bahasa pemrograman Kotlin.

Mengenal Variabel Dalam Kotlin

Variabel adalah wadah yang berfungsi untuk menampung suatu nilai tertentu. Variabel dapat menampung nilai berbentuk huruf maupun berbentuk angka. Secara garis besar, terdapat dua jenis variabel dalam Kotlin, yaitu variabel yang nilainya bisa diubah dan variabel yang nilainya tidak bisa diubah.

Untuk membuat variabel yang nilainya bisa diubah, maka kita dapat menggunakan var, sedangkan untuk membuat variabel yang nilainya tidak bisa diubah, maka kita dapat menggunakan val. Untuk lebih memahami penjelasan ini, silahkan ketik kode berikut kemudian tekan tombol run pada Kotlin Playground:
fun main() {
    var siswa = "Rahmat"
    println(siswa)
}

Pembahasan Kode:
var = kode yang berisi perintah untuk membuat variabel yang nilainya bisa diubah. Dalam bahasa pemrograman Kotlin, terdapat aturan penulisan variabel, yaitu sebagai berikut:
1. Tulis var atau val (untuk menentukan apakah nilai variabel boleh diubah atau tidak boleh diubah ketika aplikasi sudah dijalankan);
2. Tulis nama variabel yang diinginkan (pada contoh tersebut, nama variabel adalah siswa);
3. Tulis nilai yang ingin dimasukan pada variabel tersebut (pada contoh tersebut, nilai yang dimasukan adalah Rahmat).

Agar nilai variabel dapat ditampilkan, maka pada println kita masukan nama variabel (siswa). Setelah kode tersebut diketik, dan tombol run ditekan, maka aplikasi akan menampilkan tulisan Rahmat, sesuai isi dari nilai variabel tersebut.  

Selanjutnya perhatikan contoh berikut ini:
fun main() {
    var siswa = "Rahmat"
    siswa = "Budi"
    println(siswa)
}

Pembahasan Kode:
Perhatikan baris ke-3. Pada awal nama variabel, kita tidak perlu lagi menambahkan kode var atau val diawal nama variabel, jika sebelumnya variabel sudah pernah dibuat. Apabila kode tersebut dijalankan, maka tulisan yang akan muncul adalah Budi.

Alasannya, karena variabel siswa dibuat dengan menggunakan var, sehingga nilainya dapat diubah. Selanjutnya, perhatikan contoh berikut ini:
fun main() {
    val siswa = "Rahmat"
    siswa = "Budi"
    println(siswa)
}

Pembahasan Kode:
Perhatikan baris ke-2. Pada awal variabel, sekarang kita menggunakan val. Ketika menggunakan val, maka nilai variabel tidak dapat diubah. Silahkan ketik kode tersebut dan jalankan dengan menekan tombol run di Kotlin Playground, maka akan muncul error val cannot be reassigned.