Rabu, 27 April 2022

Panduan Memimpin Do'a Makan Bersama

Makan bersama adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan dalam rangka meningkatkan kebersamaan dan menjaga keharmonisan antar sesama rekan kerja atau keluarga.


Berikut ini kami sampaikan panduan untuk memimpin do'a pada acara makan bersama, mudah-mudahan bermanfaat sebagai referensi, apabila pada suatu waktu Anda ditunjuk sebagai pemimpin do'a.


1. Kata-Kata Pembuka 

Untuk Kata-kata pembuka dapat disesuaikan dengan tujuan dilaksanakannya makan bersama. Misalnya, makan bersama dalam rangka berbuka di Bulan Ramadhan (biasanya disebut buka bersama).


Adapun kata-kata yang dapat disampaikan,yaitu sebagai berikut:


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah saat ini kita telah selesai menjalankan ibadah puasa hari ke-25, semoga ibadah puasa yang kita laksanakan menjadi amal kebaikan yang diterima oleh Allah SWT, aamiin yaa robbal 'alaamiin. 


2. Muqoddimah Do'a

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ
'Audzubillahiminassyaitonirrojim.
(Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk).

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Bismillahirrahmanirrahim.
(Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang).

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ حَمْدَ النَّاعِمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَ يُكَافِىءُ مَزِيْدَهُ
يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ
Alhamdulillahirobbil 'alaamiin. Hamdas syaakirin, hamdan naa’imin hamdan yuwaafii ni'amahu wa yukaafiu maziidah. Yaa rabbanaa lakal hamdu kamaa yanbaghii lijalaali wajhikal kariimi wa ‘adhīmi sulthaanik.

(Segala puji bagi Allah pemelihara alam semesta. Segala puji atas karunia dan kenikmatan yang Engkau limpahkan kepada kami. Wahai Tuhanku, bagi-Mu segala puji sebagaimana seyogyanya, bagi kemuliaan wajah-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu).

3. Sholawat Fatih
اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نِ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ
Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal haadii ilaa shiratim mustaqim. wa ‘alaa aalihii, wa ashhaabihii haqqa qadrihi wa miqdaarihil ‘azhīm.

(Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung).

4. Do'a Selamat Dunia dan Akhirat
Dalam do'a ini terdapat permohonan terkait keberkahan rezeki. Do'a ini relevan dengan pelaksanaan kegiatan makan bersama, karena makanan merupakan bentuk rezeki yang diberikan oleh Allah kepada kita. Semoga makanan yang kita santap berkah.

Adapun Lafadz do'a selamat dunia dan akhirat, yaitu sebagai berikut:
اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلَامَةً فِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَ قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ، اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةً مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَعِنْدَ الْحِسَابِ
Allahumma inna nas aluka salamatan fiddin, wa afiyatan fil jasadi, wa ziyadatan fil ilmi, wa barakatan fir rizqi, wa taubatan qablal maut, wa rahmatan indal maut, wa maghfiratan ba’dal maut. Allahumma hawwin alaina fii sakaratil maut, wa najatan minan naari, wal afwa indal hisab.

(Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada Engkau akan keselamatan pada agama, kesehatan pada badan, bertambahnya ilmu pengetahuan, keberkahan pada rezeki, diampuni sebelum mati,  mendapatkan rahmat waktu mati dan mendapat pengampunan sesudah mati. Ya Allah, mudahkanlah bagi kami waktu (sekarat) menghadapi mati, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka, dan pengampunan waktu hisab).

5. Do'a Sapu Jagat
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Rabbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar
(Wahai Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka).

6. Penutup Do'a
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘amma yasifuna wa salamun ‘alal mursalina wal hamdulillahi rabbil ‘alamina
(Mahasuci Tuhanmu Yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan. Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam).

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikian panduan do'a yang dapat kami sampaikan, terima kasih atas perhatiannya. Apabila terdapat pertanyaan, kritik atau saran dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.

Untuk membaca artikel lainnya terkait hak dan kewajiban yang dimiliki setelah menjadi CPNS dapat mengakses link berikut ini: [Daftar Isi Kumpulan Informasi Hak dan Kewajiban Setelah Menjadi CPNS]

Untuk mendapatkan informasi terbaru secara cepat terkait PPPK dan CPNS, silahkan bergabung ke channel telegram kami, pada link berikut ini: [Bergabung di Channel Telegram PPPK dan CPNS]