Kamis, 03 Maret 2022

Latihan Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru PGSD #1

Latihan Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru PGSD

1. Pak Andi adalah guru kelas II SD, didalam kelasnya terdapat 2 peserta didik yang belum bisa membaca. Setelah diidentifikasi, peserta didik mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi kata-kata yang diucapkan, dan mengubahnya menjadi huruf atau kalimat. Kesulitan belajar ini disebut....

a. non-verbal learning disability

b. diskalkulia

c. disgrafia

d. disleksia

e. dispraksia


Pembahasan Jawaban

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena non-verbal learning disability adalah gangguan belajar yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami aspek-aspek non-verbal.


Kesulitan dalam memahami aspek-aspek non-verbal tersebut diantaranya, yaitu kesulitan dalam memahami makna dari ekspresi wajah, nada bicara dan gerak tubuh pada saat berkomunikasi. 


Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena diskalkulia adalah gangguan belajar yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami konsep matematika dasar.


Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, disgrafia adalah gangguan belajar yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam menulis (tulisan tangan sulit dibaca).


Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena disleksia adalah gangguan belajar yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam membaca tulisan.


Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena dispraksia adalah gangguan belajar yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam melakukan gerakan motorik (berjalan, melompat dan gerakan motorik lainnya.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d.

Latihan Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru PGSD

2. Berikut ini yang merupakan daur hidup katak yang tepat, yaitu....

a. larva --) pupa --) katak muda --) katak dewasa

b. telur --) larva --) pupa --) katak

c. telur --) berudu --) pupa --) katak

d. telur --) berudu --) katak muda --) katak dewasa

e: larva --) pupa --) berudu --) katak


Pembahasan Jawaban

Daur hidup katak yang tepat adalah telur --) berudu --) katak muda --) katak dewasa. Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d.


Latihan Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru PGSD

3. Alat yang berfungsi untuk mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC), yaitu....

a. inverter

b. transformator

c. kapasitor

d. resistor

e. konduktor


Pembahasan Jawaban

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena inverter adalah alat yang berfungsi untuk mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC). DC singkatan dari direct current, sedangkan AC singkatan dari alternating current.


Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena transformator adalah alat yang berfungsi untuk mengubah besaran tegangan arus bolak-balik (AC). Transformator dalam istilah sehari-hari disebut sebagai trafo.


Secara garis besar, terdapat dua jenis transformator, yaitu transformator step-up (menaikan tegangan) dan transformator step-down (menurunkan tegangan).


Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena kapasitor merupakan alat yang berfungsi menyimpan muatan listrik.


Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena resistor adalah alat yang berfungsi untuk menghambat arus listrik.


Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena konduktor adalah zat atau bahan yang mudah menghantarkan arus listrik, panas maupun suara.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.


Latihan Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru PGSD

4. Perhatikan teks dibawah ini!

Rian dan Budi adalah kakak beradik yang bijak dalam membelanjakan uang jajan yang diberikan oleh orangtuanya. Mereka tidak mudah tergiur untuk membelanjakan uang jajan hanya untuk membeli mainan saja. Mereka lebih memilih membeli makanan dan keperluan-keperluan yang penting saja. Orang tuanya selalu mengajarkan mereka berdua untuk berhemat. 

Perilaku hemat yang dilakukan oleh  Rian dan Budi sesuai dengan butir pengamalan pancasila, yaitu sila....

a. pertama

b. kedua

c. ketiga

d. keempat

e. kelima


Pembahasan Jawaban

Perilaku hemat yang dilakukan oleh Rian dan Budi merupakan perilaku yang sesuai dengan pengamalan butir Pancasila, yaitu sila kelima. Alasannya, karena salah satu butir pengamalan sila kelima Pancasila adalah tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.


Latihan Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru PGSD

5. Doni mengelilingi lapangan berbentuk persegi seluas 289 m2. Jika Doni mengelilingi lapangan tersebut sebanyak 5 kali, maka jarak yang ditempuh oleh Doni, yaitu....

a. 85

b. 170

c. 340

d. 680

e: 1.360


Pembahasan Jawaban

Untuk mengetahui jarak yang ditempuh oleh Doni dalam mengelilingi lapangan sebanyak 5 kali, maka terlebih dahulu kita perlu mengetahui jarak yang ditempuh oleh Doni dalam mengelilingi lapangan sebanyak 1 kali.


Untuk mengetahui jarak yang ditempuh oleh Doni dalam mengelilingi lapangan sebanyak 1 kali adalah dengan mengetahui keliling lapangan tersebut.\n\nLapangan tersebut berbentuk persegi, maka kita bisa menentukan keliling lapangan dengan menghitung keliling persegi.


Keliling persegi = 4 x sisi.


Untuk mengetahui sisi dari persegi tersebut, maka kita gunakan luas persegi sebagaimana disebutkan pada soal.


Luas persegi, yaitu 289 m2.


Karena rumus luas persegi adalah sisi x sisi atau sisi pangkat dua, maka untuk mengetahui sisi dari persegi tersebut bisa menggunakan rumus akar pangkat dua dari luas persegi.


Akar pangkat dua dari 289 m2 adalah 17 m.


Setelah mengetahui panjang sisi persegi, maka kita bisa menghitung keliling persegi tersebut, yaitu 17 x 4 (persegi memiliki empat sisi).


17 x 4 = 68 m.


Kita telah mengetahui bahwa satu keliling lapangan jaraknya adalah 68m, maka jarak dari lima keliling lapangan, yaitu 68 x 5 = 340 m.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.


Demikian latihan soal kompetensi teknis PPPK Guru PGSD yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, kritik atau saran dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.

Untuk mendapatkan informasi terbaru secara cepat terkait PPPK dan CPNS, silahkan bergabung ke channel telegram kami, pada link berikut ini: [Bergabung di Channel Telegram PPPK dan CPNS]