Jumat, 03 Desember 2021

Latihan Soal SKB Jabatan Fungsional Pranata Komputer Terampil #2

Latihan Soal SKB Jabatan Fungsional Pranata Komputer Terampil

1. Port default dari Remote Desktop Protocol, yaitu….

a. 3389

b. 22

c. 389

d. 80

e. 443


Pembahasan Jawaban

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena Port 3389 adalah port default yang digunakan untuk RDP (Remote Desktop Protocol).


Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena Port 22 adalah port default yang digunakan untuk SSH (Secure Shell).


Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena Port 389 adalah port default yang digunakan untuk LDAP (Lightweight Directory Access Protocol).


Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena Port 80 adalah port default yang digunakan untuk HTTP (Hyper Text Transfer Protocol).


Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena Port 443 adalah port default yang digunakan untuk HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure).


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a. 

Latihan Soal SKB Jabatan Fungsional Pranata Komputer Terampil

2. Berikut ini yang termasuk kedalam perangkat lunak Sistem Informasi Geografis adalah….

a. Plotter

b. Audacity

c. ArcGIS

d. Scanner

e. AutoCAD


Pembahasan Jawaban

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena Plotter adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mencetak gambar / grafis dengan ukuran dimensi besar.


Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena Audacity adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengedit dan merekam file audio.


Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena ArcGIS adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat dan memanipulasi data berbentuk peta. Data berbentuk peta merupakan data utama dalam sistem informasi geografis. 


Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah dokumen/gambar secara fisik menjadi digital.


Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena AutoCAD adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat desain grafis 2D atau 3D.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.

 

Latihan Soal SKB Jabatan Fungsional Pranata Komputer Terampil

3. Syntax SQL yang berfungsi untuk menjumlahkan nilai-nilai pada record database adalah….

a. SUM

b. COUNT

c. JOIN

d. CREATE DATABASE

e. AVG


Pembahasan Jawaban

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena SUM merupakan syntax SQL yang berfungsi untuk menjumlahkan nilai-nilai pada record database.


Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena COUNT merupakan syntax SQL yang berfungsi untuk menghitung jumlah record yang memenuhi kriteria tertentu yang ditetapkan.


Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena JOIN merupakan syntax SQL yang berfungsi untuk menggabungkan record atau field dari dua database atau lebih dengan kriteria tertentu yang ditetapkan.


Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena CREATE DATABASE merupakan syntax SQL yang berfungsi untuk membuat database baru.


Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena AVG merupakan syntax SQL yang berfungsi untuk menghitung nilai rata-rata dari record pada database.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.

 

Latihan Soal SKB Jabatan Fungsional Pranata Komputer Terampil

4. Reactive maintenance adalah….

a. Pemeliharaan (perbaikan atau penggantian) yang dilakukan secara periodik dalam suatu rentang waktu tertentu yang ditetapkan.

b. Pemeliharaan (perbaikan atau penggantian) yang dilakukan dengan mengganti seluruh komponen yang rusak.

c. Pemeliharaan (perbaikan atau penggantian) yang dilakukan hanya bila mesin atau peralatan mengalami kerusakan.

d. Pemeliharaan (perbaikan atau penggantian) yang dilakukan dengan mengganti sebagian komponen yang rusak.

e. Pemeliharaan (perbaikan atau penggantian) yang dilakukan dengan menggunakan biaya pinjaman ke lembaga keuangan tertentu.


Pembahasan Jawaban

Reactive maintenance adalah pemeliharaan (perbaikan atau penggantian) yang dilakukan hanya bila mesin atau peralatan mengalami kerusakan. Artinya, selama mesin atau peralatan belum mengalami kerusakan, maka mesin atau peralatan tersebut tidak dilakukan perbaikan.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.


Latihan Soal SKB Jabatan Fungsional Pranata Komputer Terampil

5. Proses pengujian suatu aplikasi yang dilakukan oleh user yang berasal dari tim pengembang aplikasi disebut….

a. Launching testing

b. Alpha testing

c. Delta testing

d. Beta testing

e. Boot testing


Pembahasan jawaban

Pada dasarnya, dalam pengujian suatu aplikasi yang telah dibuat dilakukan melalui dua fase, yaitu sebagai berikut:

1. Alpha testing = Proses pengujian suatu aplikasi yang dilakukan oleh user yang berasal dari kalangan tim pengembang aplikasi.

2. Beta testing = Proses pengujian suatu aplikasi yang dilakukan oleh user yang berasal dari luar tim pengembang aplikasi.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar