Sabtu, 27 November 2021

Latihan Soal SKB Jabatan Fungsional Pranata Komputer Terampil #1

 Latihan Soal SKB Jabatan Fungsional Pranata Komputer Terampil

1. Dalam sistem jaringan komputer terdapat mekanisme untuk membatasi waktu suatu paket data sebelum data tersebut dibuang atau dinyatakan tidak berlaku yang disebut sebagai TTL. Adapun TTL singkatan dari….
a. Time to Leave
b. Time to Live
c. Time to Lapse
d. Time to Loss
e. Time to Left

Pembahasan Jawaban
TTL merupakan singkatan dari Time to Live. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Latihan Soal SKB Jabatan Fungsional Pranata Komputer Terampil
2. Berikut ini yang termasuk kedalam Layer TCP/IP, kecuali….
a. Application Layer 
b. Transport Layer
c. Internet Layer
d. Physical Layer
e. Link Layer

Pembahasan Jawaban
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah protokol komunikasi yang digunakan dalam sistem jaringan komputer agar suatu komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya. Secara garis besar TCP/IP dibagi menjadi empat layer, yaitu sebagai berikut:
a. Application Layer
b. Transport Layer
c. Internet Layer
d. Physical Layer
e. Link Layer.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d. Physical Layer.

Latihan Soal SKB Jabatan Fungsional Pranata Komputer Terampil
3. Algoritme Caesar Chiper digunakan untuk….
a. mengurutkan data-data sesuai kriteria tertentu.
b. menyimpan data agar data tidak mudah hilang. 
c. memprediksi nilai statistik tertentu dalam rangka pengolahan data.
d. mendesain alur kerja pengembangan perangkat lunak.
e. menjaga kerahasiaan data.

Pembahasan Jawaban
Algoritme Caesar Chiper adalah metode kriptografi yang dilakukan dengan cara menukar setiap abjad dari pesan yang dirahasiakan ke dalam abjad baru. Misalnya ketika mengirim pesan rahasia yang bertuliskan “Surabaya”, maka dengan Algoritme Caesar Chiper pesan tersebut berubah menjadi “Uwtcdcac” (apabila abjad yang ditukar hanya dengan menggeser setiap abjad kedalam dua abjad selanjutnya).

Algortime Caesar Chiper digunakan untuk menjaga kerahasiaan data. Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban e. 

Latihan Soal SKB Jabatan Fungsional Pranata Komputer Terampil
4. Dalam desain grafis, terdapat prinsip yang tujuan utamanya adalah menonjolkan suatu unsur lebih dari unsur lainnya lain, sehingga dapat mengarahkan perspektif masyarakat umum dalam rangka menyampaikan pesan dari gambar yang dibuat. Hal tersebut merupakan prinsip design grafis dari… 
a. Balance
b. Unity
c. Rhythm
d. Emphasis
e. Proporsi

Pembahasan jawaban
Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena balance adalah prinsip desain grafis yang menekankan bahwa keseluruhan dari komponen design harus tampil secara seimbang. Desainer harus mampu memadukan keseimbangan antar berbagai unsur dalam desain grafis, sehingga tidak muncul kesan tidak seimbang.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, unity adalah prinsip dalam desain grafis yang menekankan pada konsistensi, kohesi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi dari komposisi. 

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena rhythm adalah prinsip desain grafis yang memadukan irama dalam arti pengulangan atau aneka ragam dari kumpulan komponen grafis.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena emphasis adalah prinsip dalam design grafis yang yang tujuan utamanya adalah menonjolkan suatu unsur lebih dari unsur lainnya lain, sehingga dapat mengarahkan perspektif masyarakat umum dalam rangka menyampaikan pesan dari gambar yang dibuat.

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena proporsi adalah prinsip dalam desain grafis yang mempertimbangkan perubahan ukuran/ size tanpa perubahan ukuran panjang, lebar dan tinggi, agar gambar terhindar dari distorsi.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d. Emphasis.

Latihan Soal SKB Jabatan Fungsional Pranata Komputer Terampil
5. Berikut ini yang merupakan format file untuk gambar vektor, yaitu…
a. JPEG
b. BMP
c. CDR
d. PSD
e. GIF

Pembahasan Jawaban
Pilihan jawaban a, b, d dan e merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena JPEG (Joint Photographic Experts Group), BMP (Bitmap), PSD (Photoshop Document) dan GIF (Graphics Interchange Format) merupakan format file untuk menyimpan gambar berbentuk raster.

Adapun format file untuk menyimpan gambar vektor adalah CDR (Corel Draw). Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.


Demikian contoh latihan Soal SKB Jabatan Fungsional Pranata Komputer Terampil #1. Apabila terdapat kekeliruan dalam pembahasan jawaban, pertanyaan, saran, dan kritik dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar