Minggu, 10 Mei 2020

PENGERTIAN FUNCTION DAN FORMULA DALAM MICROSOFT EXCEL

Berdasarkan informasi dari peserta yang telah mengikuti SKB (seleksi kompetensi bidang) CPNS tahun 2018 pada jabatan pengelola data, salah satu soal yang muncul pada SKB tersebut, berkaitan dengan Microsoft Excel. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari tentang beberapa hal yang penting berkaitan dengan Microsoft Excel, yaitu tentang function dan formula. Apa yang dimaksud dengan function dan formula?


PENGERTIAN FUNCTION DAN FORMULA

Function (dalam Microsoft Excel) adalah rumus yang memiliki nama dan kegunaan tertentu. Nama dari suatu function, biasanya mencerminkan kegunaan dari function dimaksud. Misalnya function AVERAGE, memiliki kegunaan untuk mencari nilai rata-rata.

Formula (dalam Microsoft Excel) adalah instruksi untuk melakukan suatu perhitungan atau tindakan tertentu lainnya yang di awali dengan tanda sama dengan (=). Dalam suatu formula, bisa terdapat satu function atau lebih, atau bisa juga tidak terdapat function sama sekali.


CONTOH FUNCTION DAN FORMULA

Contoh formula yang memiliki 1 function
=AVERAGE(A1:A10)
Penjelasan formula
Formula tersebut berisi instruksi untuk menghitung nilai rata-rata dari nilai-nilai yang terdapat pada sel A1 sampai dengan sel A10. Formula tersebut memiliki 1 function, yaitu function AVERAGE. 

Contoh formula yang memiliki 2 function
=IF(AVERAGE(A1:A10)>=7;"LULUS";"TIDAK LULUS")
Penjelasan formula
Formula tersebut berisi instruksi untuk memeriksa nilai rata-rata dari nilai-nilai yang terdapat pada sel A1 sampai dengan sel A10, jika nilai rata-rata lebih dari sama dengan 7, maka hasil formula tersebut adalah kata LULUS, sedangkan jika nilai rata-rata kurang dari 7, maka hasil formula adalah kata TIDAK LULUS. Formula tersebut memiliki 2 function, yaitu function IF dan function AVERAGE.

Contoh formula yang tidak memiliki function
=A1+A2
Penjelasan formula
Formula tersebut berisi instruksi untuk melakukan penjumlahan nilai yang terdapat pada sel A1 dan sel A2. Formula tersebut tidak memiliki function, karena hanya terdiri dari referensi sel saja.

Dalam penggunaan sehari-hari, biasanya istilah function dan formula sering dipertukarkan (dianggap memiliki arti yang sama). Namun demikian, secara teknis terdapat perbedaan antara function dan formula sebagaimana definisi dan contoh yang telah diungkapkan tersebut.
PENGERTIAN FUNCTION DAN FORMULA DALAM MICROSOFT EXCEL

KOMPONEN-KOMPONEN DALAM FUNCTION

Perhatikan contoh function berikut ini!
AVERAGE(number1;number2;…)
Bila kita perhatikan, suatu function tersusun dari komponen-komponen penyusun. Adapun komponen-komponen penyusun dari suatu function, yaitu sebagai berikut: 
1. nama suatu function (AVERAGE)
2. argument (number1;number2;…). 

Nama suatu function (function name) adalah nama tertentu yang diberikan kepada sebuah function sebagai identitas yang menunjukkan fungsi atau kegunaan function tersebut.

Argument adalah nilai yang diberikan pada saat penggunaan suatu function. Nilai tersebut dapat berbentuk string, integer, atau sel referensi. 

String adalah tipe data yang memuat nilai-nilai berbentuk text atau kalimat. Perlu menjadi perhatian, bahwa angka yang ditulis dengan tipe data string, secara umum tidak dapat digunakan dalam operasi perhitungan. Alasannya, karena angka yang ditulis dalam tipe data string dianggap sebagai text atau kalimat, bukan sebagai angka untuk operasi perhitungan. Angka yang ditulis dalam bentuk string misalnya, nomor telepon, nomor tagihan pelanggan listrik, nomor tagihan pelanggan air bersih, dan lain-lain. Angka-angka tersebut tidak perlu dilakukan operasi perhitungan. Untuk membuat tipe data string, tambahkan tanda petik dua di awal dan akhir suatu nilai argument. Dalam Microsoft Excel, text adalah nilai argument yang berbentuk string.

Integer adalah tipe data yang memuat nilai-nilai berbentuk angka yang dapat digunakan untuk operasi perhitungan. Dalam Microsoft Excel, number adalah nilai argument yang berbentuk integer.

Sel referensi adalah nilai dari argument yang merujuk pada suatu suatu sel. Nilai dari suatu sel referensi, misalnya A1 (untuk merujuk nilai pada sel A1), B3 (untuk merujuk nilai pada sel B3), dan lain-lain.


KOMPONEN-KOMPONEN DALAM FORMULA

Perhatikan contoh formula berikut ini!
=IF(AVERAGE(A1:A10)>=7;"LULUS";"TIDAK LULUS")
Bila kita perhatikan, komponen-komponen penyusun dari suatu formula, yaitu sebagai berikut:
1. tanda sama dengan (=)
2. function (IF dan AVERAGE)
3. argument (A1:A10;”LULUS”;”TIDAK LULUS”)
4. operator (>=)

Tanda sama dengan (=) adalah tanda yang digunakan dalam Microsoft Excel untuk membuat sebuah formula. Pada sebuah formula, tanda sama dengan harus ditulis paling awal.

Operator adalah tanda yang digunakan untuk melakukan operasi tertentu, misalnya operasi hitung atau operasi perbandingan. 

Operator yang digunakan dalam operasi perhitungan, diantaranya yaitu sebagai berikut:
1. + (tanda plus) adalah operator yang berfungsi untuk operasi penjumlahan. 
2. - (tanda minus) adalah operator yang berfungsi untuk operasi pengurangan. 
3. * (tanda bintang) adalah operator yang berfungsi untuk operasi perkalian.
4. / (tanda slash) adalah operator yang berfungsi untuk operasi pembagian. 

Operator yang digunakan dalam operasi perbandingan, diantaranya yaitu sebagai berikut:
1. > (lebih dari) adalah operator yang digunakan untuk membandingkan, apakah nilai yang terdapat di sebelah kiri operator lebih dari nilai yang terdapat di sebelah kanan operator. 
2. < (kurang dari) adalah operator yang digunakan untuk membandingkan, apakah nilai yang terdapat di sebelah kiri operator kurang dari nilai yang terdapat di sebelah kanan operator.
3. >= (lebih dari sama dengan) adalah operator yang digunakan untuk membandingkan, apakah nilai yang terdapat di sebelah kiri operator lebih dari atau sama dengan nilai yang terdapat di sebelah kanan operator.
4. <= (kurang dari sama dengan) adalah operator yang digunakan untuk membandingkan, apakah nilai yang terdapat di sebelah kiri operator kurang dari atau sama dengan nilai yang terdapat di sebelah kanan operator.
5. = (sama dengan) adalah operator yang digunakan untuk membandingkan, apakah nilai yang terdapat di sebelah kiri operator sama dengan nilai yang terdapat di sebelah kanan operator. 

Demikian pembahasan tentang pengertian function dan formula dalam Microsoft Excel yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami, dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar