Senin, 13 April 2020

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Database #1

Berikut ini kami sampaikan latihan soal SKB CPNS untuk jabatan pengelola database. Mohon diperhatikan, bahwa jabatan pengelola database adalalah jabatan pelaksana yang memiliki rumpun jabatan yang berkaitan dengan ilmu komputer.

Oleh sebab itu, untuk menambah wawasan serta kesiapan diri dalam menghadapi SKB CPNS dimaksud, sangat disarankan untuk mempelajari juga latihan soal SKB CPNS jabatan pelaksana yang memiliki rumpun jabatan yang sama dengan jabatan pengelola database, yaitu berkaitan dengan ilmu komputer.

Alasannya, karena berdasarkan hasil tanya jawab kami dengan salah satu peserta yang mengikuti SKB CPNS tahun 2018 pada jabatan pengelola sistem dan jaringan, soal-soal yang didapatkan pada saat mengikuti tes, tidak hanya berkaitan dengan sistem dan jaringan saja, melainkan berkaitan juga dengan istilah-istilah dalam bidang IT terkini, bahasa pemrograman, pengelolaan database, pengembangan website, dan hal-hal lain berkaitan dengan komputer.   

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Database
1. Normalisasi database adalah suatu metode yang berfungsi untuk mengurangi redundansi data (data-data duplikat yang tidak dibutuhkan) di dalam suatu database. Dengan menerapkan metode ini, maka seorang pengelola database dapat terhindar dari anomali (penyimpangan). Adapun anomali yang terjadi karena adanya pemutakhiran/peremajaan data yang hanya dilakukan pada sebagian data saja, tanpa memperdulikan data duplikat yang ada di dalam database, sehingga menyebabkan adanya perbedaan data, walaupun seharusnya memiliki data yang sama disebut….
a. insert anomaly
b. update anomaly
c. delete anomaly
d. input anomaly
e. addition anomaly

Pembahasan Jawaban
Anomali pemutakhiran/peremajaan data (update anomaly) adalah anomali yang terjadi karena adanya pemutakhiran data yang hanya dilakukan pada sebagian data saja, tanpa memperdulikan data duplikat yang ada di dalam database. 

Anomali ini terjadi sebagai efek berantai dari redundansi data. Ketika terdapat banyak data yang duplikat di dalam database, sedangkan pengelola database hanya melakukan pemutakhiran data pada sebagian data saja, maka data duplikat yang tidak dimutakhirkan menyebabkan anomali.

Anomali penambahan/penyisipan data (insert anomaly) adalah anomali yang terjadi sebagai akibat dari desain database yang buruk. Anomali ini bisa dilihat pada proses penambahan data, apabila pengelola database menambahkan record baru, maka akan ada record yang tidak bisa di isi karena datanya tidak tersedia.

Anomali penghapusan (delete anomaly) adalah anomali yang terjadi sebagai akibat dari desain database yang buruk. Anomali ini bisa dilihat pada proses penghapusan data di dalam database, apabila pengelola database menghapus suatu record, maka akan ada data-data lain yang ikut terhapus, padahal data tersebut tidak ingin kita hapus.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Jawaban b   
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Database 1 
Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Database
2. Dalam hal pengelolaan database, terdapat bahasa standar yang ditetapkan oleh American Nasional Standards Institute (ANSI) dan International Organization for Standardization (ISO), yakni SQL. Adapun SQL merupakan singkatan dari….
a. Standard Query Language
b. Selected Query Language
c. Structured Query Language
d. Server Query Language
e. Side Query Language

Pembahasan Jawaban
SQL adalah bahasa standar yang ditetapkan ANSI dan ISO dalam hal pengelolaan database. SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language. Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat yaitu pilihan jawaban c.
Jawaban c 

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Database
3. Diketahui suatu tabel database memiliki nama yaitu, Data_Mahasiswa. Dalam tabel tersebut, terdapat field yaitu NIM, Nama, Jurusan, Fakultas, dan Alamat. Berdasarkan data tersebut, maka sintaks SQL yang tepat untuk menampilkan data-data mahasiswa yang memiliki jurusan teknik informatika, yaitu….
a. SELECT * FROM Data_Mahasiswa WHERE Jurusan=’Teknik Informatika’;
b. SELECT * WHERE Data_Mahasiswa FROM Jurusan=’Teknik Informatika’;
c. SELECT * SOURCE Data_Mahasiswa FROM Jurusan=’Teknik Informatika’;
d. SELECT * FROM Data_Mahasiswa SOURCE Jurusan=’Teknik Informatika’;
e. SELECT * SHOW Data_Mahasiswa WHERE Jurusan=’Teknik Informatika;’

Pembahasan Jawaban
Dalam SQL, terdapat sintaks-sintaks yang dapat digunakan dalam melaksanakan pengelolaan database, diantaranya yaitu sebagai berikut:
1. SELECT berfungsi untuk menampilkan data spesifik sesuai yang diinginkan pada tabel database.
2. INSERT INTO berfungsi untuk menambahkan record baru pada sebuah tabel database. Dalam tabel database, record adalah baris (row) yang berfungsi untuk menyimpan data yang telah di input. Jika sebuah record dibuat, namun nilainya tidak di input maka nilainya adalah null.
3. UPDATE berfungsi untuk mengubah nilai pada sebuah record yang telah dibuat sebelumnya.
4. DELETE berfungsi untuk menghapus record yang telah dibuat sebelumnya.

Kemudian, sintaks SELECT memiliki sintaks pendukung, diantaranya yaitu sebagai berikut:
1. FROM berfungsi untuk menentukan tabel database mana yang akan dipilih untuk ditampilkan.
2. WHERE berfungsi untuk menentukan kondisi yang harus dipenuhi agar suatu data dapat ditampilkan.

Berdasarkan uraian tersebut, maka sintaks yang tepat adalah SELECT * FROM Data_Mahasiswa WHERE Jurusan=’Teknik Informatika’;

Sintaks tersebut memiliki arti, yaitu sebagai berikut: tampilkan data pada tabel database Data_Mahasiswa yang memenuhi kriteria tertentu, yaitu jurusannya adalah teknik informatika.

Jawaban a  

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Database
4. Dalam sebuah diagram hubungan entitas, bangun datar berupa persegi panjang menunjukkan….
a. atribut entitas
b. hubungan entitas
c. sifat entitas
d. entitas lemah
e. entitas

Pembahasan Jawaban
Berikut ini simbol-simbol/tanda/bangun yang digunakan dalam diagram hubungan entitas, yaitu sebagai berikut.
1. Persegi panjang digunakan untuk menunjukkan entitas.
2. Belah ketupat digunakan untuk menunjukkan hubungan entitas.
3. Oval/elips digunakan untuk menunjukkan atribut/sifat entitas.
4. Persegi panjang rangkap dua digunakan untuk menunjukkan entitas lemah.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban e.

Jawaban e  

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Database
5. PHP Hypertext Preprocessor (PHP) adalah sebuah bahasa pemrograman yang dapat digunakan dalam pembuatan website. Untuk membuat variabel dalam PHP, seorang developer harus mengetahui aturan penamaan variabel PHP. Setiap variabel dalam PHP diawali dengan simbol….
a. asterisk
b. double slash
c. dollar
d. underscore
e. hashtag

Pembahasan Jawaban
Setiap variabel dalam PHP diawali dengan simbol Dollar ($). Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.

Jawaban c

Demikian latihan soal SKB CPNS tentang Jabatan Pengelola Database yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.

1 komentar: