Minggu, 05 April 2020

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data #3

Berikut ini kami sampaikan latihan soal SKB CPNS untuk jabatan pengelola data. Jabatan Pengelola data (tanpa ada tambahan nama apapun) termasuk kedalam jabatan pelaksana (bisa dilihat di Permenpan RB Nomor 41 Tahun 2018, pada urusan pemerintahan 1.2 tentang sistem informasi dan dokumentasi, posisi jabatan nomor urut ke 5). 

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
1. Microsoft Access adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat basis data (database). Adapun basis data yang dibuat dalam Microsoft Access, berbentuk tabel yang memuat kolom dan baris yang tersusun secara horizontal dan vertikal. Adapun kolom yang tersusun secara horizontal dan memuat judul/tajuk dari data-data yang akan dimasukkan oleh pengguna Microsoft Access dinamakan…. 
a. record
b. field
c. query
d. primary key
e. report

Pembahasan Jawaban
Berikut ini merupakan istilah-istilah dalam Microsoft Access, yaitu sebagai berikut:
- record adalah baris yang tersusun secara vertikal dan memuat data-data yang dimasukkan oleh pengguna Microsoft Access.
- field adalah kolom yang tersusun secara horizontal dan memuat judul/tajuk dari data-data yang akan dimasukkan oleh pengguna Microsoft Access.
- query adalah suatu fungsi yang tersedia dalam Microsoft Access untuk mengambil data-data spesifik dari suatu tabel database (bisa satu, dua, atau lebih tabel database) dan menampilkan data-data spesifik tersebut dalam tabel baru (tabel query).

Misalnya, dalam tabel database_1 terdapat data nama karyawan, umur, alamat, tempat lahir, dan tanggal lahir. Kemudian dalam tabel database_2 terdapat data jabatan, gaji, golongan, pangkat. Dengan menggunakan query, kita bisa mengambil data-data spesifik yang dibutuhkan dari tabel database_1 dan database_2 seperti mengambil data nama, jabatan, dan gaji saja ke dalam sebuah tabel query baru.   

- primary key adalah nilai yang bersifat unik untuk memudahkan identifikasi data yang tersimpan dalam sebuah basis data. Contoh NIP (Nomor Induk Kepegawaian) adalah nilai yang bersifat unik, karena tidak ada suatu pegawai yang memiliki NIP yang sama.

- report adalah suatu fungsi yang tersedia dalam Microsoft Acces untuk mendesain data-data yang terdapat dalam basis data ke dalam bentuk laporan.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Jawaban b
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data 3
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
2. Dalam Microsoft Access 2013, tipe data dalam Microsoft Access yang panjang karakternya (huruf, angka, simbol) tidak boleh melebihi dari 255 karakter disebut….
a. short text
b. few line
c. short character
d. less text
e. less character

Pembahasan Jawaban
Berikut ini merupakan tipe-tipe data dalam Microsoft Access 2013, diantaranya yaitu sebagai berikut:
1). short text (dalam versi sebelumnya disebut text) : tipe data yang berisi karakter (huruf, angka, simbol) dengan panjang tidak lebih dari 255 karakter. Angka yang dimasukkan dengan tipe data ini tidak dapat digunakan untuk operasi perhitungan (dengan alasan demikian, maka angka yang dimasukkan dengan tipe ini lebih baik adalah angka-angka yang tidak memerlukan operasi perhitungan seperti nomor telepon, nomor induk kependudukan, dan lain-lain). 
2) long text (dalam versi sebelumnya disebut memo) : tipe data yang berisi karakter (huruf, angka, simbol) yang panjangnya dapat melebihi 255 karakter (batas karakter yang dapat dimasukkan adalah 63.999 karakter).
3). number : tipe data yang berisi angka-angka yang dapat digunakan untuk operasi perhitungan.
4). data/time : tipe data untuk tanggal dan waktu.
5). currency : tipe data untuk nilai mata uang atau nilai desimal untuk satu sampai empat angka di belakang koma. 
6). auto number : tipe data yang berisi angka yang berurutan secara otomatis. Secara pengaturan awal, biasanya primary key menggunakan tipe data ini.
7). yes/no : tipe data yang hanya berisi dua nilai iya atau tidak atau variasinya (benar atau salah maupun on atau off). Dalam Microsoft Access 2013, tipe data ini diwakili dengan tanda ceklis (iya/benar/on) atau tanpa tanda ceklis (tidak/salah/off).
8). OLE object : tipe data yang merupakan singkatan dari object linking and embedding. Tipe data ini berfungsi untuk menghubungkan atau menyematkan file gambar, video, dokumen, rekaman suara, dan lain-lain.
9). hyperlink : tipe data yang berisi tautan ke suatu alamat tertentu.

Berdasarkan pembahasan jawaban tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah a.

Jawaban a

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
3. Dalam pengelolaan basis data, dikenal istilah ODBC yang merupakan singkatan dari….
a. Original Database Company
b. Object Database Channel
c. Owner Database in Charge
d. Open Database Connectivity
e. Occupation Database Change

Pembahasan Jawaban
Dalam pengelolaan basis data, dikenal istilah ODBC yang merupakan singkatan dari Open Database Connectivity. ODBC adalah protokol standar yang berfungsi sebagai penghubung antar mesin basis data.

Jawaban d

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
4. Database Management System (DBMS) adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat dan mengelola basis data. Berikut ini perangkat lunak yang termasuk ke dalam kategori DBMS, kecuali….
a. Microsoft Access
b. MySQL
c. PostgreSQL
d. Oracle Database
e. AutoCAD

Pembahasan Jawaban
Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena Microsoft Access merupakan salah satu perangkat lunak yang termasuk ke dalam kategori DBMS. Microsoft Access adalah program lunak yang dibuat oleh perusahaan Microsoft (Microsoft Corporation) dan merupakan bagian dari paket Microsoft Office yang berfungsi untuk membuat dan mengelola basis data.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena MySQL juga merupakan perangkat lunak yang termasuk ke dalam kategori DBMS. MySQL adalah program lunak yang bersifat open source (terbuka untuk umum tanpa biaya) yang dibuat oleh perusahaan Swedia yang bernama MySQLAB yang berfungsi untuk membuat dan mengelola basis data.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena PostgreSQL adalah perangkat lunak yang termasuk ke dalam kategori DBMS. PostgreSQL adalah program lunak yang bersifat gratis dan terbuka untuk umum (open source) dan merupakan generasi penerus dari Ingres Database yang dikembangkan di Universitas Kalifornia Berkeley. Pada awalnya, program lunak penerus Ingres Database ini diberi nama Postgre (tanpa SQL), namun pada tahun 1996 perangkat lunak ini berganti nama menjadi PostgreSQL untuk menampilkan bahwa perangkat lunak ini mendukung SQL. PostgreSQL berfungsi untuk membuat dan mengelola basis data.

Pilihan jawaban d adalah jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena Oracle Database adalah perangkat lunak yang termasuk ke dalam kategori DBMS. Oracle Database adalah program lunak yang dibuat oleh perusahaan Oracle (Oracle Corporation) dan bersifat berbayar. Oracle Database berfungsi untuk membuat dan mengelola basis data.

Pilihan jawaban e adalah jawaban yang tepat. Alasannya, karena AutoCAD adalah perangkat lunak bukan termasuk ke dalam kategori DBMS. AutoCAD adalah program lunak yang dikembangkan oleh AutoDesk dan berfungsi untuk menggambar suatu bentuk 2D atau 3D.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban e.

Jawaban e

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
5. Dalam sebuah lembar kerja Microsoft Excel, diketahui data-data sebagai berikut:
- nilai sel A1 adalah 10
- nilai sel B1 adalah 8
- formula pada sel C1, yaitu =IF(AND(A1=12;B1>10);"ON";"OFF")
Berdasarkan data data-data tersebut, agar hasil formula pada sel C1 menghasilkan tulisan ON, maka nilai sel A1 dan B1 harus diubah menjadi….
a. A1=12, B1=6
b. A1=12, B1=7
c. A1=12, B1=9
d. A1=12, B=10
e. A1=12, B=11

Pembahasan Jawaban
Bila kita perhatikan, formula pada sel C1 dapat diterjemahkan menjadi sebagai berikut: jika sel A1 nilainya sama dengan 12 dan nilai sel B1 lebih dari 10, maka munculkan tulisan ON, sedangkan jika kondisi tidak terpenuhi, maka munculkan tulisan OFF.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban yang memuat nilai A1=12 dan nilai B1 lebih dari 10, yaitu pilihan jawaban e.

Jawaban e

Demikian latihan soal SKB CPNS 2019 tentang Jabatan Pengelola Data yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar