Minggu, 29 Maret 2020

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas #2

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas
1. Komunikasi memiliki beragam pengertian tergantung konteks situasi dan kondisi yang sedang terjadi. Berikut ini yang merupakan situasi dan kondisi yang menyatakan bahwa komunikasi sebagai suatu hubungan, yaitu….
a. Kami sedang belajar komunikasi
b. Laporan makalah Anda sangat komunikatif
c. Terdapat jurang komunikasi antara guru dan murid
d. Surat itu sudah saya komunikasikan dengan pimpinan 
e. Saya membeli buku tentang komunikasi

Pembahasan Jawaban
Pada pilihan jawaban a, komunikasi memiliki pengertian sebagai disiplin ilmu. Alasannya, karena pada pilihan jawaban a situasi dan kondisi yang terjadi, yakni subjek sedang mempelajari disiplin ilmu komunikasi.

Pada pilihan jawaban b, komunikasi memiliki pengertian sebagai suatu yang mudah dimengerti, menarik atau mudah dipahami. Alasannya, karena pada pilihan jawaban b situasi dan kondisi yang terjadi, yakni ada orang yang menyebut laporan makalah Anda sangat komunikatif.

Pada pilihan jawaban c, komunikasi memiliki pengertian sebagai suatu hubungan. Alasannya, karena makna komunikasi tersebut seolah-olah mengisyaratkan adanya jarak pemisah antara guru dan murid yang diibaratkan sebagai jurang.

Pada pilihan jawaban d, komunikasi memiliki pengertian sebagai penyampaian pesan. Alasannya, karena pada pilihan jawaban d situasi dan kondisi yang terjadi, yaitu subjek menyampaikan pesan kepada pimpinan.

Pada pilihan jawaban e, komunikasi memiliki pengertian sebagai disiplin ilmu. Alasannya karena pada pilihan jawaban e situasi dan kondisi yang terjadi, yakni subjek telah membeli buku yang berisi tentang disiplin ilmu komunikasi.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban c.

Jawaban c

Latihan SKB CPNS Pranata Humas 2

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas
2. Sdr. Susanto, S.Sos adalah seorang Pranata Humas Ahli Muda dengan pangkat Penata Tk.I dan golongan ruang III/d. Adapun beliau ditugaskan untuk menyusun rencana kerja audit komunikasi dengan angka kredit sebesar 0,120 yang merupakan tugas jabatan Pranata Humas Ahli Madya. Berdasarkan situasi tersebut, berapakah jumlah angka kredit yang didapatkan Sdr. Susanto, S.Sos?
a. 0,060
b. 0,072
c. 0.084
d. 0,096
e. 0,120

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 39 Tahun 2014 dan Nomor 31 Tahun 2014 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat dan Angka Kreditnya, pada bagian III angka 2 huruf a disebutkan bahwa Pranata Humas yang yang melaksanakan tugas Pranata Humas satu tingkat di atas jenjang jabatannya memperoleh angka kredit sebesar 80% dari angka kredit setiap butir kegiatan.

Oleh sebab itu, karena Sdr. Susanto, S.Sos merupakan seorang Pranata Humas Ahli Muda dan melaksanakan tugas Pranata Humas Ahli Madya yang merupakan jenjang jabatan satu tingkat diatas Pranata Humas Ahli Muda, maka angka kredit yang diperoleh adalah 80% x 0,120 = 0,096.

Jawaban d 

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas
3. Menurut Shanon dan Weaver komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal tapi juga dalam bentuk ekspresi muka, lukisan dan teknologi. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat kita lihat bahwa komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, namun terkadang dalam proses komunikasi adanya gangguan yang dapat menghambat kelancaran proses komunikasi yang menurut Shannon Weaver diberi nama….
a. noise
b. information source
c. transmitter
d. channel
e. receiver 

Pembahasan Jawaban
Dalam memahami proses komunikasi, Shannon dan Weaver merumuskan model komunikasi yang bertujuan untuk memahami proses komunikasi secara lebih jelas. Secara garis besar terdapat enam komponen yang berperan dalam proses komunikasi, yaitu sebagai berikut:
a. information source, yang memiliki makna yaitu sumber informasi yang menyediakan pesan untuk dikirim. Sumber informasi bisa berupa manusia, benda (buku, majalah, dan lain-lain) maupun artikel dalam suatu website.
b. transmitter (pemancar), yang memiliki makna yaitu sesuatu yang dapat mengubah pesan yang dikirimkan sumber informasi menjadi sinyal untuk disampaikan melalui medium/sarana yang ada.
c. channel (medium), yang memiliki makna yaitu medium atau sarana yang digunakan dalam proses pengiriman sinyal kepada penerima;
d. receiver, yang memiliki makna yaitu sesuatu yang dapat menerima sinyal yang dikirimkan melalui medium, dan mengubah kembali sinyal tersebut kedalam bentuk pesan yang dapat dimengerti oleh penerima pesan;
e. destination, yang memiliki makna yaitu penerima pesan atau pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirimkan oleh sumber informasi;
f. noise, yang memiliki makna yaitu sesuatu yang dapat mengganggu ketepatan pesan yang dikirimkan oleh sumber informasi kepada penerima pesan.

Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat kita ungkapkan bahwa gangguan yang dapat menghambat kelancaran proses komunikasi, menurut Shannon dan Weaver diberi nama noise.

Jawaban a 

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas
4. Pelayanan informasi melalui jejaring sosial, telepon, surat elektronik, dan pusat layanan informasi merupakan pelayanan informasi yang diberikan oleh Pranata Humas secara….
a. klasikal
b. otomatisasi
c. ekstensif
d. stasioner
e. inklusif

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014, pada pasal 8 ayat (1) huruf a nomor 14 disebutkan bahwa salah satu tugas Pranata Humas pelaksana (diperbaharui menjadi Pranata Humas Terampil), yaitu melakukan pelayanan informasi secara stasioner (telepon, faksimile, surat elektronik, bantuan informasi (help desk), sms, pusat layanan informasi (call center), atau jejaring sosial).

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d.

Jawaban d

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas
5. Berikut ini merupakan organisasi profesi berkaitan dengan Humas (hubungan masyarakat), kecuali….
a. Perhumas
b. IPRA
c. FAPRO
d. PRSA
e. IFI

Pembahasan Jawaban
Perhumas = Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia.
IPRA = International Public Relation Association (Asosiasi Hubungan Masyarakat Internasional).
FAPRO = Federation of ASEAN Public Relations Organization (Organisasi Federasi Hubungan Masyarakat ASEAN).
PRSA = Public Relations Society of America (Komunitas Hubungan Masyarakat Amerika).
IFI = Ikatan Fisioterapi Indonesia.

Berdasarkan uraian tersebut, maka organisasi profesi yang berkaitan dengan Humas, kecuali IFI (Ikatan Fisioterapi Indonesia).

Jawaban e

Demikian latihan soal SKB CPNS tentang Pranata Humas yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami, dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

1 komentar:

  1. Trims min sangat membantu dan ditunggu latihan soal selanjutnya . .

    BalasHapus