Sabtu, 02 November 2019

Latihan soal TIU CPNS - kemampuan figural [HOTS 2019]

Latihan soal TIU CPNS HOTS kemampuan figural - pada pembahasan sebelumnya, kita telah membahas salah satu aspek penilaian dalam tes intelegensi umum (TIU) CPNS yaitu tentang kemampuan numerik.

Adapun pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu aspek penilaian lainnya dalam TIU CPNS, yaitu mengenai kemampuan figural. Apa yang dimaksud dengan kemampuan figural?

Kemampuan figural adalah kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram.
soal kemampuan figural HOTS TIU CPNS
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpanrb) Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019, disebutkan bahwa terdapat tiga jenis soal dalam kemampuan figural, yaitu:

a. Analogi adalah jenis soal dalam kemampuan figural yang bertujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain.
b. Ketidaksamaan adalah jenis soal dalam kemampuan figural yang bertujuan untuk mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar.
c. Serial adalah jenis soal dalam kemampuan figural yang bertujuan untuk mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar. 

Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat kita analisis soal-soal yang berhubungan dengan aspek penilaian TIU dimaksud. Adapun soal-soal yang berhubungan dengan kemampuan figural analogi, ketidaksamaan dan serial, yaitu:

Latihan soal TIU CPNS - kemampuan figural
Latihan soal HOTS TIU CPNS - Kemampuan Figural 1
Pembahasan jawaban:
Bila dianalisis, hubungan gambar 1 dan gambar 2, yaitu:
- gambar 1 dihadapkan kepada sebuah cermin datar sehingga menghasilkan gambar 2.
- setelah dilakukan pencerminan, persegi panjang urutan kedua dari atas diberikan sebuah lingkaran berwarna hitam.

Berdasarkan analisis tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat yang merupakan pasangan dari gambar 3 adalah pilihan jawaban d , alasannya:
- pilihan jawaban d memuat gambar yang merupakan hasil pencerminan dari gambar 3.
- setelah dilakukan pencerminan, persegi panjang urutan kedua dari atas diberikan sebuah lingkaran berwarna hitam. 

Jawaban d

Latihan soal TIU CPNS - kemampuan figural analogi
Pembahasan jawaban:
Bila dianalisis, hubungan gambar 1 dan gambar 2 yaitu:
- Pada bagian kiri gambar 2, persegi panjang sebenarnya merupakan hasil dari penggabungan segitiga siku-siku pada gambar 1 yang di duplikat dengan posisi terbalik, kemudian diarsir dan diletakkan disebelah kanan segitiga siku-siku awal sehingga menghasilkan persegi panjang sebagaimana terdapat pada bagian kiri gambar 2.
- Pada bagian kanan gambar 2, tiga buah segitiga kecil menggantikan 3 buah persegi panjang. 

Berdasarkan analisis tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat yang merupakan pasangan dari gambar 3 yaitu pilihan jawaban c, alasannya:
- pada bagan kiri pilihan jawaban c, gambar oval sebenarnya merupakan hasil dari penggabungan setelah oval pada gambar 3 yang diduplikat dengan posisi terbaik, kemudian diarsir dan diletakkan disebelah kanan setengah oval awal sehingga menghasilkan oval sebagaimana terdapat pada bagian kiri pilihan jawaban c.
- pada bagian kanan pilihan jawaban c, tiga buah segitiga kecil menggantikan 3 buah persegi panjang pada gambar 3. 

Jawaban c

Latihan soal TIU CPNS - kemampuan figural ketidaksamaan
LATIHAN SOAL HOTS TIU CPNS KEMAMPUAN FIGURAL 3
Pembahasan jawaban:
Bila dianalisis, gambar 1, gambar 2, gambar 3 dan gambar 5 merupakan gambar yang terbentuk dari tiga garis yang saling dihubungkan. Oleh sebab itu, maka gambar yang tidak sesuai dengan gambar lainnya adalah gambar 4.

Alasannya karena gambar 4 merupakan gambar yang terbentuk dari dua garis yang saling dihubungkan. Pilihan jawaban yang memuat gambar 4 terdapat dalam pilihan jawaban d.

Jawaban d

Latihan soal TIU CPNS - kemapuan figural serial
LATIHAN SOAL HOTS TIU CPNS KEMAMPUAN FIGURAL 4
Pembahasan jawaban:
Bila kita perhatikan gambar 1, gambar 2 dan gambar 3, maka kita akan mendapatkan informasi yaitu:
gambar 1: terdapat sebuah persegi yang didalamnya berisi sebuah belah ketupat berwarna putih dan sebuah garis.
gambar 2: terdapat sebuah persegi yang didalamnya berisi sebuah belah ketupat berwarna hitam dan dua buah garis. Penambahan garis baru ditempatkan pada posisi searah dengan jarum jam.
Gambar 3: terdapat sebuah persegi yang didalamnya berisi sebuah belah ketupat berwarna putih dengan tiga buah garis. Penambahan garis baru ditempatkan pada posisi searah dengan jarum jam.

Berdasarkan informasi yang terdapat pada gambar 1, gambar 2, dan gambar 3 maka bisa kita dapatkan pola yaitu:
- persegi tidak ada perubahan.
- warna belah ketupat berubah secara beraturan dari warna putih, kemudian warna hitam dan kembali menjadi warna putih, maka gambar selanjutnya adalah belah ketupat dengan warna hitam.
- penambahan garis baru yang ditempatkan pada posisi searah jarum jam.

Berdasarkan informasi tersebut, maka gambar 4 adalah persegi yang terdapat belah ketupat warna hitam didalamnya serta memiliki garis berjumlah empat yang posisi penempatannya berada disebelah kiri (searah jarum jam). Gambar yang memenuhi kriteria tersebut terdapat pada pilihan jawaban d.

Jawaban d

Latihan soal TIU CPNS - kemampuan figural serial
Pembahasan jawaban:
Bila kita perhatikan gambar 1, gambar 2 dan gambar 3, maka kita akan mendapatkan informasi, yaitu:
- gambar 1: terdapat sebuah persegi yang didalamnya berisi sebuah garis horizontal dan vertikal yang membagi persegi menjadi empat bagian (empat kuadran). Pada kuadran dua terdapat sebuah segitiga sama sisi yang berwarna hitam.
- gambar 2: terdapat sebuah persegi yang didalamnya berisi sebuah garis horizontal dan vertikal yang membagi persegi menjadi empat bagian (empat kuadran). Pada kuadran tiga terdapat sebuah persegi (segi empat) yang berwarna putih.
- gambar 3: terdapat sebuah persegi yang didalamnya berisi sebuah garis horizontal dan vertikal yang membagi persegi menjadi empat bagian (empat kuadran). Pada kuadran empat terdapat sebuah segi lima yang berwarna hitam.

Berdasarkan informasi yang terdapat dalam gambar 1, gambar 2, dan gambar 3 maka kita bisa buat kesimpulan sebagai berikut:
- Posisi dan bentuk persegi, garis horizontal serta garis vertikal tidak ada perubahan.
- Pola bangun datar yang terdapat dalam gambar selanjutnya adalah bangun datar yang telah ditambah satu segi (gambar 1 adalah segitiga, maka gambar 2 adalah segi empat, gambar 3 adalah segi lima, maka gambar 4 adalah segi enam).
- Pola warna bangun datar yang terdapat dalam gambar selanjutnya berubah secara beraturan dari warna hitam (gambar 1) menjadi warna putih (gambar 2) kemudian kembali menjadi warna hitam (gambar 3), maka untuk gambar 4 warna bangun datarnya adalah warna putih.

Berdasarkan informasi tersebut, maka gambar 4 adalah sebuah persegi yang didalamnya terdapat sebuah garis horizontal dan vertikal yang membagi persegi menjadi empat bagian (empat kuadran). Pada kuadran satu terdapat sebuah segi enam berwarna putih. Gambar yang memenuhi kriteria tersebut terdapat dalam pilihan jawaban b.

Jawaban b

Demikian latihan soal HOTS TIU CPNS mengenai kemampuan figural analogi, ketidaksamaan dan serial berdasarkan Permenpanrb Nomor 23 Tahun 2019, semoga bermanfaat. Bila ada kekeliruan, pertanyaan dan saran mohon agar disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

17 komentar:

  1. Iya siap Last God, sama-sama terima kasih juga telah membaca artikel kami

    BalasHapus
  2. Mksh ya.update yg byk dong min...

    BalasHapus
  3. Mksh ya.update yg byk dong min...

    BalasHapus
  4. Mksh sngt membantu. Diperbnyk lgy soalny...

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat gan, terima kasih. Salam dari masyundar.com

    BalasHapus
  6. iya siap mas yundar, sama-sama
    website masyundar.com juga bagus dan bermanfaat
    terima kasih

    BalasHapus
  7. smpean telah membantu hajat orang, janji Allah hajatmu juga akan dibantu aamiin

    BalasHapus
  8. Sangat membantu min pembahasannya

    BalasHapus
  9. Ada channel youtubenya mas

    BalasHapus
  10. dari hasil latihan saya salah satu, yg seblum nya belajar saya ntn di chanel deosendeso...

    BalasHapus
  11. Terimakasih sangat membantu bang

    BalasHapus
  12. Soal nya terlalu gampang...

    BalasHapus