Rabu, 26 Juni 2019

Soal dan Kunci Jawaban TKP CPNS 2018 - 3

Persiapan Tes CPNS 2019 - dalam pelaksanaan seleksi kompetensi dasar CPNS (SKD CPNS), setiap peserta mendapatkan 3 jenis soal tes yaitu : tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Adapun dalam jenis soal TKP, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, terdapat 16 aspek yang dinilai dari peserta tes pada soal TKP yang meliputi :
1. Pelayanan publik
2. Sosial budaya
3. Teknologi Informasi dan Komunikasi.
4. Profesionalisme
5. Jejaring kerja
6. Integritas diri
7. Semangat berprestasi
8. Kreativitas dan inovasi
9. Orientasi pada pelayanan
10. Orientasi kepada orang lain
11. Kemampuan beradaptasi
12. Kemampuan mengendalikan diri
13. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
14. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
15. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
16. Kemampuan menggerakan dan mengkoordinir orang lain

Dengan melihat aspek-aspek yang dinilai pada jenis soal TKP CPNS 2018 ini, semoga menjadi gambaran bagi peserta tes CPNS 2019, walaupun tentunya ada kemungkinan aspek yang dinilai tersebut dimodifikasi, ditambah atau bisa saja dikurangi.

Untuk menambah wawasan dan kesiapan diri dalam menghadapi tes CPNS, berikut ini kami sampaikan latihan soal TKP yang muncul pada tahun 2018 dan latihan soal TKP yang muncul di grup-grup telegram.

Latihan Soal TKP CPNS 2018 - 1
1. Suatu hari Anda sedang makan siang bersama rekan kerja disebuah rumah makan. Kemudian, datang seorang anak gelandangan  yang mengatakan bahwa ia lapar sehingga meminta uang atau sisa makanan. Bagaimana sikap Anda ?
a. Memberikan sisa makanan kepadanya sebagaimana diminta.
b. Memberikan dia uang lalu menyuruhnya pergi.
c. Membelikannya makanan.
d. Menanyakan dimana orangtuanya lalu mengantarkan anak tersebut kepada orang tuanya.
e. Memberikan sisa makanan dan mengajak rekan kerja untuk berbuat hal yang sama.

Kunci Jawaban Latihan Soal TKP CPNS 2018 - 1
Berdasarkan soal tersebut, aspek yang dinilai adalah orientasi kepada orang lain. Alasannya, karena dalam soal Anda diminta menentukan sikap jika ada seorang anak gelandangan yang mengatakan bahwa ia lapar sehingga meminta uang atau sisa makan. Apakah Anda peduli kepada anak gelandangan tersebut ? Kemudian bagaimana bentuk kepedulian Anda kepada gelandangan tersebut dalam wujud nyata ?

Pilihan jawaban a adalah jawaban yang kurang tepat. Alasanya, meskipun Anda memiliki sikap kepedulian kepada orang lain (anak gelandangan), tapi memberikan makanan sisa kurang etis. Meskipun gelandangan tersebut meminta sisa makanan, tapi alangkah lebih baik jika kita memberikan makanan yang baru sebagai wujud kepedulian kita kepada orang lain.

Pilihan jawaban b merupakan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, meskipun Anda memiliki sikap kepedulian kepada orang lain (anak gelandangan), tapi tindakan tersebut dibarengi dengan tindakan yang kurang etis yaitu menyuruhnya pergi. Tanpa Anda menyuruhnya pergi, maka anak gelandangan tersebut akan pergi.

Selanjutnya, menyuruhnya pergi memiliki kesan bahwa sebenarnya Anda tidak menginginkan orang tersebut berada dihadapan Anda.

Pilihan jawaban c merupakan jawaban yang tepat. Alasannya, karena Anda peduli kepada orang lain dengan membelikannya makanan yang baru dan layak untuk dikonsumsi dibandingkan dengan sisa makanan.

Pilihan jawaban d adalah jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena Anda sedang makan siang dengan rekan kerja Anda. Jika Anda menanyakan dan mengantar anak gelandangan tersebut kepada orang tuanya, maka Anda meninggalkan rekan kerja Anda yang sedang makan siang bersama Anda.

Selanjutnya, meskipun rekan kerja Anda ikut mengantarkan anak gelandangan tersebut kepada orangtuanya. Masalah dalam soal, yang menyebutkan bahwa anak gelandangan tersebut lapar tidak terselesaikan (karena Anda dan rekan kerja Anda hanya mengantarkan anak gelandangan tersebut kepada orang tuanya).

Pilihan jawaban e merupakan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, meskipun Anda peduli terhadap orang lain (anak gelandangan), tapi memberikan makan sisa adalah tindakan yang kurang etis.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.

Latihan Soal TKP CPNS 2018 - 2
2. Anda baru saja menikah. Pasangan Anda telah mempersiapkan masakan spesial dengan susah payah. Namun, sayangnya Anda tidak menyukai bahan utama masakan tersebut, karena membuat alergi dan mual. Bagaimana sikap Anda dalam keadaan tersebut ?
a. Menelan secepat mungkin serta menunjukan sikap ekspresif bahwa masakan yang dibuat rasanya lezat.
b. Meminta maaf dan menjelaskan kepada pasangan, bahwa bahan masakan yang digunakan membuat Anda alergi dan mual serta menanyakan apakah tidak keberatan jika Anda memakan masakan lainnya.
c. Ragu-ragu memakan masakan tersebut, sambil mengaduk-aduk saja masakan tersebut dipiring.
d. Mengatakan masakannya kurang enak dan meminta untuk tidak memasak dengan bahan utama masakan itu lagi.
e. Mengatakan bahwa Anda masih kenyang serta menyarankan pasangan untuk makan sendiri terlebih dahulu

Kunci Jawaban Latihan Soal TKP CPNS 2018 - 2
Berdasarkan soal tersebut, pasangan Anda telah mempersiapkan masakan spesial dengan susah payah untuk Anda. Namun sayangnya, bahan utama masakan membuat alergi dan mual. Pada satu sisi, Anda dihadapkan pada aspek integritas yang mana ditujukan untuk menilai kejujuran Anda.

Namun disisi lain, Anda dihadapkan pada aspek orientasi kepada orang lain yang mana menilai kepedulian Anda terhadap perasaan pasanagan Anda.

Pilihan jawaban a merupakan jawaban kurang tepat. Alasannya, walaupun Anda berusaha membuat pasangan bahagia serta memenuhi aspek orientasi kepada orang lain. Namun, tindakan Anda akan menjadi masalah kedepannya. Karena dikemudian hari pasangan Anda akan membuat masakan spesial dengan bahan utama itu lagi.

Pilihan jawaban b merupakan jawaban yang tepat. Alasannya, karena Anda memiliki integritas dengan mengungkapkan bahwa sebenarnya Anda alergi dan mual dengan bahan masakan tersebut. Selanjutnya, Anda juga memenuhi aspek orientasi kepada orang lain dengan mencoba menjaga perasaan pasangan Anda, dimulai dengan meminta maaf dan meminta dengan sopan bolehkan memakan masakan lainnya.

Pilihan jawaban c, d dan e bisa langsung dieliminasi. Alasannya, karena hal tersebut dapat menyinggung perasaan pasangan yang susah payah membuat masakan untuk Anda.

Berdasarkan uraian tersebut, maka soal tersebut ditujukan untuk menilai aspek integritas dan orientasi kepada orang lain. Adapun pilihan jawaban yang tepat untuk memenuhi kedua aspek btersebut adalah pilihan jawaban b.

Latihan Soal TKP CPNS 2018 - 3
3. Perusahaan tempat Anda bekerja saat ini mengalami penurunan yang disebabkan atasan baru sangat kaku dan tidak terlalu memahami kondisi pasar, sementara itu Anda sangat memahami kondisi pasar dan mengerti strategi peningkatan target. Apa tindakan yang akan Anda lakukan ?
a. Seharusnya atasan lebih terbuka dan tidak kaku serta menerima semua masukan dari tim kerja.
b. Saya mengajukan ide secara pribadi dan mengemukakan kemampuan serta strategi untuk memperbaiki kinerja perusahaan.
c. Mengajak atasan dan semua anggota tim untuk mengatur jadwal diskusi secara rutin untuk bertukar pendapat.
d. Membiarkan saja, karena sebagai atasan beliau harus mampu mengkoordinasikan tim dengan baik dan punya strategi sendiri.
e. Sepakat dengan anggota tim lain untuk biasa saja karena semua anggota mengetahui perilaku beliau yang kaku.

Kunci Jawaban Soal TKP CPNS 2018 -3
Berdasarkan soal tersebut, aspek utama yang dinilai adalah aspek menggerakan dan mengkoordinir orang lain. Alasannya, karena Anda memiliki kemampuan untuk memahami kondisi pasar dan mengerti strategi peningkatan target. Namun masalahnya, atasan Anda adalah orang yang sangat kaku.

Aspek menggerakan dan mengkoordinir orang lain tidak hanya dilakukan oleh atasan perusahaan/pucuk pimpinan saja. Namun, sebagai staf atau anggota Anda pun memiliki hak untuk melakukan hal tersebut meskipun dengan cara yang berbeda.

Jika Anda sebagai atasan, maka tindakan  untuk menggerakan bisa dilakukan dengan cara memerintah, namun jika Anda sebagai staf atau anggota, maka tindakan yang tepat untuk menggerakan orang lain (influence) adalah dengan memberikan ide atau saran yang rasional kepada orang tersebut.

Bagaimana cara Anda agar atasan yang sangat kaku tersebut memahami dan mau menerapkan strategi yang Anda miliki ? Karena tidaklah mudah untuk menggerakan orang yang sangat kaku agar berbuat sesuai apa yang kita inginkan. Kemampuan Anda dalam aspek menggerakan dan mengkoordinir orang lain merupakan kunci keberhasilan menyelesaikan soal tersebut.

Pilihan jawaban a adalah jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena kata"seharusnya" merupakan sebuah harapan agar sesuatu hal terjadi sesuai dengan keinginan Anda. Namun, harapan yang Anda inginkan tersebut tidak dibaregi dengan tindakan nyata yang bertujuan untuk mewujudkan harapan Anda agar dapat terjadi.

Pilihan jawaban a memiliki kesan bahwa Anda hanya menunggu keajaiban, sehingga atasan Anda sadar dengan sendirinya bahwa seharusnya beliau harus lebih terbuka.

Pilihan jawaban b merupakan jawaban yang tepat. Alasannya, karena berbeda dengan jawaban a yang hanya berharap saja. Pada jawaban b, Anda melakukan tindakan nyata dengan cara mengajukan secara pribadi kepada atasan tentang kemampuan dan strategi untuk memperbaiki kinerja perusahaan.

Selanjutnya, pilihan jawaban b langsung menuju sasaran permasalahan soal dan lebih efektif, karena Anda mempunyai kemampuan dan strategi tersebut, sehingga hanya tinggal dikomunikasikan dengan atasan Anda.

Pilihan jawaban c sekilas merupakan jawaban yang tepat. Alasannya, karena Anda mengajak atasan dan semua anggota tim untuk mengatur jadwal diskusi secara rutin untuk bertukar pendapat. Tindakan tersebut bisa menjadi tindakan nyata agar atasan yang sangat kaku tersebut dapat menerima ide-ide dari semua anggota tim.

Namun yang menjadi permasalahan, tindakan Anda melampaui kapasitas Anda sebagai seorang staf atau anggota. Jika diperhatikan secara seksama, Anda seolah-olah membuat acara sendiri yaitu diskusi. kemudian setelah itu, atasan serta semua anggota tim diajak untuk mengatur jadwal diskusi rutin tersebut.

Pilihan jawaban d dan e bisa langsung dieliminasi. Alasanya, karena tindakan tersebut hanya menunggu keajaiban dengan terus berharap tanpa dibarengi oleh tindakan nyata untuk mewujudkan hal tersebut.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah b.

Latihan Soal TKP CPNS 2018 - 4
4. Anda sedang bekerja dikantor dan memiliki tugas untuk mengirimkan file laporan melalui e-mail. Namun, tiba-tiba internet kantor padam. Apa yang akan Anda lakukan ?
a. Segera memanggil orang IT untuk memperbaiki internet kantor.
b. Menunggu internet kantor kembali lancar.
c. Melanjutkan pengiriman email diwaktu yang tepat disaat internet kembali lancar.
d. Istirahat sejenak dan berbincang dengan rekan kerja sambil menunggu internet segera diperbaiki.
e. Menggunakan Wifi Handphone pribadi untuk mengirimkan e-mail.

Kunci Jawaban Latihan Soal TKP CPNS 2018 - 4
Berdasarkan soal tersebut, Anda sedang bekerja di kantor dan memiliki tugas untuk mengirim file laporan melalui e-mail. Namun, dalam menyelesaikan tugas kerja dimaksud agar tuntas, Anda mengalami kendala yaitu internet kantor padam. Apa tindakan yang secara efektif dan efisien dapat menyelesaikan kendala dimaksud ?

Pilihan jawaban a merupakan jawaban yang cukup tepat. Alasannya, karena segera memanggil orang IT untuk memperbaiki internet kantor dapat menyelesaikan kendala yang sedang Anda hadapi.

Pilihan jawaban b, c dan d, bisa langsung dieliminasi karena Anda secara pasif hanya menunggu internet kantor kembali lancar untuk menuntaskan tugas Anda.

Pilihan jawaban e adalah jawaban yang tepat. Alasannya karena berbeda dengan pilihan jawaban a, pada pilihan jawaban e terdapat unsur kreativitas dan inovasi yaitu menggunakan Wifi Handphone pribadi untuk mengirimkan e-mail. Tindakan ini bisa secara efektif dan efisien untuk menuntaskan tugas Anda dan menyelesaikan kendala yang dihadapi.

Berdasarkan uraian tersebut, aspek utama yang dinilai pada soal dimaksud adalah aspek kreativitas dan Inovasi. Adapun jawaban yang menunjukan aspek tersebut adalah pilihan jawaban e.

Latihan Soal TKP CPNS 2018 - 5
5. Anda ditunjuk oleh atasan untuk menjadi ketua tim dalam sebuah kegiatan. Kemudian, Anda menginginkan kegiatan yang sudah dipercayakan oleh atasan tersebut bisa berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, Anda mengadakan rapat persiapan kegiatan dimaksud, bahkan sebelum rapat dimulai sebelumnya Anda telah mempersiapkan rancangan kegiatan menurut versi Anda. Apa yang akan Anda lakukan dalam rapat persiapan tersebut ?
a. Memaparkan rencana kegiatan yang telah Anda buat dihadapan anggota tim.
b. Meminta saran, pendapat dan ide dari anggota tim terkait rencana kegiatan yang telah Anda buat.
c. Melakukan konsultasi dengan atasan terkait rencana kegiatan yang telah Anda buat.
d. Memberikan argumentasi terkait rencana kegiatan tersebut agar disetujui oleh anggota tim 
e. Memberikan gambaran terkait kegiatan yang akan dilaksanakan dan rencana yang telah dibuat oleh Anda kepada anggota tim. 

Kunci Jawaban Soal TKP CPNS 2018 - 5
Berdasarkan soal tersebut, Anda diberikan kepercayaan oleh atasan untuk menjadi ketua tim dalam sebuah kegiatan. Anda mempersiapkan segalanya dengan matang. Hal ini bisa dilihat dari persiapan Anda untuk membuat rancangan, bahkan sebelum rapat persiapan dimulai. Bagaimana sikap yang tepat untuk menyukseskan kegiatan yang telah dipercayakan oleh atasan? Kemudian, bagaimana kemampuan Anda bekerjasama dengan tim yang dibentuk ?

Pilihan jawaban a, merupakan jawaban yang cukup tepat. Alasannya, karena dalam rapat persiapan tersebut, Anda memaparkan rencana kegiatan yang telah Anda buat dihadapan anggota tim, agar semua anggota tim mengerti bagaimana rencana Anda dan bagaimana melaksanakan tugas sesuai rencana yang telah dibuat.

Pilihan jawaban b  adalah jawaban yang tepat. Alasannya, karena Anda bekerja tidak sendirian. Anda memiliki anggota tim yang dapat memberikan saran, pendapat dan ide agar rencana yang Anda buat menjadi lebih baik.

Pilihan jawaban c merupakan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena atasan Anda telah mempercayakan tugas tersebut kepada Anda. Kemudian, Anda pun sudah memiliki tim untuk melaksanakan tugas yang dipercayakan tersebut.

Pilihan jawaban d dan e hampir sama dengan pilihan jawaban a yang merupakan jawaban yang cukup tepat.

Berdasarkan uraian tersebut, maka aspek utama yang dinilai pada soal adalah aspek bekerjasama dalam kelompok. Adapun tindakan yang tepat sesuai aspek dimaksud adalah pilihan jawaban b.

Demikian latihan soal TKP CPNS yang dapat kami sampaikan. Bila ada kekeliruan dalam analisis soal-soal latihan tersebut, mohon agar disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini. Baca juga artikel kami lainnya untuk menambah informasi serta kesiapan diri dalam menghadapi tes CPNS, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar