Senin, 28 November 2016

Latihan Soal TIU Kemampuan Verbal - Analogi (Updated)

Latihan Soal TIU Kemampuan Verbal
1. Pembalap Motor : Helm = Raja : ....
a. tahta
b. tongkat
c. ratu
d. tiara
e. jubah

Kunci Jawaban dan Pembahasan
Untuk menjawab soal TIU CPNS dan Sekolah Kedinasan ini, kita perlu mengetahui hubungan yang spesifik antara kata pada urutan ke-1 (pembalap motor) dengan kata pada urutan ke-2 (helm). Hubungan yang spesifik antara pembalap motor dengan helm yaitu: kata pada urutan ke-2 (helm) dipakai di kepala oleh kata pada urutan ke-1 (pembalap motor). 

Dengan menerapkan hubungan spesifik yang sama, maka untuk menentukan jawaban yang tepat kita harus mengetahui, benda apa yang secara spesifik dipakai di kepala oleh kata pada urutan ke-3 (raja). Benda yang dipakai oleh raja di kepala, yaitu mahkota.

Pada pilihan jawaban yang tersedia tidak terdapat kata mahkota. Oleh sebab itu kita harus mencari kata yang memiliki arti yang sama dengan mahkota, yaitu sebagai berikut:

a. tahta adalah kedudukan atau tempat duduk raja, berarti pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang tidak tepat.

b. tongkat adalah sepotong bambu, rotan atau kayu yang agak panjang dan dipakai untuk penopang atau pegangan ketika orang berjalan, berarti pilihan jawaban b juga tidak tepat.

c. ratu adalah raja yang berjenis kelamin wanita, berarti pilihan jawaban c adalah jawaban yang tidak tepat.

d. tiara adalah hiasan kepala bertatahkan mutiara yang dipakai para ratu atau mahkota bersusun tiga. Pilihan jawaban d adalah jawaban yang tepat.

e. jubah artinya baju panjang sampai di bawah lutut, berarti pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang tidak tepat.

Berdasarkan lima pilihan jawaban yang tersedia, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d, alasannya karena tiara dipakai di kepala oleh raja.

Silahkan klik nomor dibawah ini untuk menuju soal berikutnya: