Minggu, 12 April 2020

Latihan Soal SKB CPNS Polisi Pamong Praja #6

Latihan Soal SKB CPNS Polisi Pamong Praja
1. Salah satu wewenang yang dimiliki oleh Polisi Pamong Praja adalah menindak warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang mengganggu ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat. Makna dari kata menindak dalam wewenang sebagaimana dimaksud, yaitu….
a. melakukan tindakan hukum terhadap pihak yang mengganggu ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat untuk diproses melalui peradilan
b. melakukan tindakan berupa pemberian surat pemberitahuan terhadap para pihak yang mengganggu ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat 
c. melakukan tindakan berupa pemberian surat teguran terhadap pihak yang mengganggu ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat
d. melakukan tindakan berupa pemberian surat peringatan terhadap pihak yang mengganggu ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat
e. melakukan tindakan penjagaan dan pemulihan terhadap pihak yang mengganggu ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, namun tidak sampai proses peradilan

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan penjelasan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 tentang Satuan Polisi Pamong Praja, dijelaskan bahwa kata menindak memiliki pengertian, yaitu tindakan hukum terhadap pelanggaran Perda untuk diproses melalui peradilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.

Jawaban a
Latihan Soal SKB Jabatan Fungsional Polisi Pamong Praja 6
Latihan Soal SKB CPNS Polisi Pamong Praja
2. Menurut Aristoteles, secara garis besar keadilan dibagi menjadi dua macam. Adapun keadilan yang dilakukan dengan cara memberikan sesuatu tanpa melihat kedudukan sosial, jenjang pendidikan, dan jabatan seseorang disebut….
a. keadilan distributif
b. keadilan komutatif
c. keadilan ekstraktif
d. keadilan regulatif
e. keadilan regresif

Pembahasan Jawaban
Secara garis besar, Aristoteles membagi keadilan menjadi dua macam. Pertama, keadilan distributif, yaitu keadilan yang dilakukan dengan cara memberikan sesuatu dengan melihat jasa-jasa, kinerja, serta kemampuan yang dimiliki seseorang. Kedua, keadilan komutatif, yaitu keadilan yang dilakukan dengan cara memberikan sesuatu tanpa melihat kedudukan sosial, jenjang pendidikan, dan jabatan seseorang.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Jawaban b

Latihan Soal SKB CPNS Polisi Pamong Praja
3. Dalam melaksanakan tugas dalam bidang ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat yang memiliki dampak sosial yang luas dan risiko yang tinggi, maka polisi pamong praja dapat meminta bantuan personel dan peralatan dari….
a. Kementerian Dalam Negeri
b. Kejaksaan Republik Indonesia
c. Mahkamah Agung Republik Indonesia
d. Tentara Nasional Indonesia
e. Penyidik Pegawai Negeri Sipil

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 tentang Satuan Polisi Pamong Praja, disebutkan bahwa dalam melaksanakan tugas ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja dapat meminta bantuan personel dan peralatan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Tentara Republik Indonesia dalam melaksanakan tugas yang memiliki dampak sosial yang luas dan risiko tinggi.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d.

Jawaban d

Latihan Soal SKB CPNS Polisi Pamong Praja
4. Angka kredit yang diperoleh dari mengikuti pendidikan sekolah serta mendapatkan ijazah SLTA atau jenjang pendidikan sederajat adalah….
a. 10
b. 15
c. 20
d. 25
e. 30

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Polisi Pamong Praja dan Angka Kreditnya, disebutkan bahwa angka kredit yang diperoleh dari mengikuti pendidikan sekolah serta mendapatkan ijazah SLTA atau jenjang pendidikan sederajat adalah 25.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d.

Jawaban d

Latihan Soal SKB CPNS Polisi Pamong Praja
5. Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 tentang Satuan Polisi Pamong Praja dimuat pada Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 72 dan Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor….
a. 4200
b. 5013
c. 6205
d. 7023
e. 8055

Pembahasan Jawaban
Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 tentang Satuan Polisi Pamong Praja dimuat pada Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6205.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat yaitu pilihan jawaban c.

Jawaban c

Demikian latihan soal SKB CPNS tentang Polisi Pamong Praja yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru