Senin, 28 November 2016

Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal (Update 26-05-2022)

Berikut ini kami sampaikan latihan soal Tes Inteligensia Umum (TIU) CPNS yang berkaitan dengan kemampuan verbal yang telah diupdate pada tanggal 26 Mei 2022.

Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal
1. Pembalap Motor : Helm = Raja :
a. tahta
b. tongkat
c. ratu
d. tiara
e. jubah

Kunci Jawaban dan Pembahasan
Untuk menjawab soal TIU CPNS ini, kita perlu mengetahui hubungan yang spesifik antara kata pada urutan ke-1 (pembalap motor) dengan kata pada urutan ke-2 (helm). Hubungan yang spesifik antara pembalap motor dengan helm yaitu: kata pada urutan ke-2 (helm) dipakai di kepala oleh kata pada urutan ke-1 (pembalap motor). 

Dengan menerapkan hubungan spesifik yang sama, maka untuk menentukan jawaban yang tepat kita harus mengetahui, benda apa yang secara spesifik dipakai di kepala oleh kata pada urutan ke-3 (raja). Benda yang dipakai oleh raja di kepala, yaitu mahkota.

Pada pilihan jawaban yang tersedia tidak terdapat kata mahkota. Oleh sebab itu kita harus mencari kata yang memiliki arti yang sama dengan mahkota, yaitu sebagai berikut:

a. tahta adalah kedudukan atau tempat duduk raja, berarti pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang tidak tepat.

b. tongkat adalah sepotong bambu, rotan atau kayu yang agak panjang dan dipakai untuk penopang atau pegangan ketika orang berjalan, berarti pilihan jawaban b juga tidak tepat.

c. ratu adalah raja yang berjenis kelamin wanita, berarti pilihan jawaban c adalah jawaban yang tidak tepat.

d. tiara adalah hiasan kepala bertatahkan mutiara yang dipakai para ratu atau mahkota bersusun tiga. Pilihan jawaban d adalah jawaban yang tepat.

e. jubah artinya baju panjang sampai di bawah lutut, berarti pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang tidak tepat.

Berdasarkan lima pilihan jawaban yang tersedia, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d, alasannya karena tiara dipakai di kepala oleh raja.

Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal

2. Adicita =
a. Harapan
b. Pegangan
c. Cita-cita
d. Tujuan
e. Ideologi

Kunci Jawaban dan Pembahasan
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, adicita memiliki arti yaitu ideologi. Berdasarkan pengertian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban e. Ideologi.

Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal

3. Abisal : Endapan Tanah =
a. Abstrak : Nyata
b. Remisi : Penahanan
c. Gambar : Garis
d. Genjah : Bibit
e. Bulsak : Kasur

Kunci Jawaban dan Pembahasan
Untuk dapat menjawab soal TIU CPNS ini, kita perlu mengetahui hubungan spesifik antara kata pada urutan ke-1 (abisal) dengan kata pada urutan ke-2 (endapan tanah). Hubungan spesifik antara abisal dengan endapan tanah, yaitu memiliki pengertian yang sama dengan endapan tanah.

Dengan menerapkan analogi (perbandingan yang setara), maka untuk menentukan jawaban yang tepat kita harus mengetahui hubungan spesifik tiap-tiap pilihan jawaban.

a. hubungan spesifik antara abstrak dengan nyata, yaitu lawan kata. Abstrak adalah tidak nyata, sehingga merupakan lawan kata dari nyata.

b. hubungan spesifik antara remisi dengan penahanan, yaitu kata pada urutan ke-1 (remisi) adalah pengurangan masa waktu dari kata pada urutan ke-2 (penahanan).

c. hubungan spesifik antara gambar dengan garis, yaitu kata pada urutan ke-1 (gambar) adalah kata umum dari kata pada urutan ke-2 (garis).

d. hubungan spesifik antara genjah dengan bibit, yaitu kata pada urutan ke-1 (genjah) merupakan kualitas terbaik dari kata pada urutan ke-2 (bibi).

e. hubungan spesifik antara bulsak dengan kasur, yaitu kata bulsak memiliki pengertian yang sama dengan kasur.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban e.

Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal

4. Optimis lawan katanya adalah
a. Feminis.
b. Fatalis.
c. Regresif
d. Federalis
e. Fenolis

Kunci Jawaban dan Pembahasan
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, optimis adalah orang yang selalu berpengharapan (berpandangan) baik dalam menghadapi segala hal. Setelah kita mengetahui arti dari optimis, maka sekarang kita akan mencari lawan katanya.

Feminis artinya adalah gerakan wanita yang menuntut persamaan hak sepenuhnya antara kaum wanita dan pria, sehingga pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang tidak tepat.

Fatalis artinya orang yang percaya atau menyerah saja kepada nasib. Berdasarkan pengertian tersebut, maka pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang tepat.

Regresif artinya bersifat mundur. Berdasarkan pengertian tersebut, maka pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang tidak tepat.

Federalis artinya penganut paham dimana beberapa negara bagian membentuk kesatuan dan setiap negara bagian memiliki kebebasan dalam mengurus persoalan di dalam negerinya. Berdasarkan pengertian tersebut, maka pilihan jawaban d juga tidak tepat.

Fenolis adalah salah satu senyawa kimia. Berdasarkan pengertian tersebut, maka pilihan jawaban e bukan pilihan jawaban yang tepat.

Berdasarkan lima pilihan jawaban tersebut, maka jawaban yang benar adalah jawaban b. Fatalis.

Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal
5. Ular : Tikus = Cicak :
a. Lintah
b. Nyamuk
c. Singa
d. Buaya
e. Kadal

Kunci Jawaban dan Pembahasan
Untuk menjawab soal TIU CPNS ini, kita harus mengetahui hubungan spesifik antara ular dengan tikus. Hubungan spesifik antara ular dengan tikus adalah kata pada urutan ke-1 (ular) memakan kata pada urutan ke-2 (tikus).

Berdasarkan analogi (perbandingan setara) tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b. Alasannya, karena cicak memakan nyamuk.

Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal

6. Aries : Zodiak = Berlian :
a. Perhiasan
b. Mahal
c. Batu Mulia
d. Keras
e. Perak

Kunci Jawaban dan Pembahasan
Untuk dapat menjawab soal TIU CPNS ini, kita harus mengetahui terlebih dahulu hubungan spesifik antara aries dengan zodiak. Hubungan spesifik antara aries dengan zodiak, yaitu aries merupakan salah satu nama zodiak (kata pada urutan ke-1 merupakan salah satu nama dari kata pada urutan ke-2).

Berdasarkan analogi (perbandingan setara) tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c (batu mulia). Alasannya, karena berlian merupakan salah satu nama dari batu mulia.

Jangan terkecoh dengan pilihan jawaban a (perhiasan), karena berlian bukan merupakan perhiasan. Benda yang spesifik perhiasan adalah cincin, kalung, gelang, anting, dan lain-lain. Adapun benda yang spesifik merupakan batu mulia adalah berlian, zamrud, ruby, safir, dan lain-lain.

Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal

7. Belajar : Cerdas = Makan :
a. lezat
b. lega
c. senang
d. kenyang
e. puas

Kunci Jawaban dan Pembahasan
Untuk dapat menjawaban soal TIU CPNS ini, kita harus mengetahui hubungan spesifik antara belajar dengan cerdas. Hubungan spesifik antara belajar dengan cerdas, yaitu kata pada urutan ke-1 (belajar) merupakan sebab terjadinya kata pada urutan ke-2 (cerdas).

Berdasarkan analogi (perbandingan setara) tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d (kenyang). Alasannya, karena makan merupakan sebab terjadinya kenyang.

Adapun pilihan jawaban c (senang) dan pilihan jawaban e (puas), meskipun berhubungan tetapi tidak memiliki hubungan spesifik.

Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal

8. Mobil : Garasi = 
a. Truk : Kontainer
b. Pesawat : Hanggar
c. Helikopter : Landasan
d. Traktor : Sawah
e. Kereta Api : Rel

Kunci Jawaban dan Pembahasan
Untuk menjawab soal TIU CPNS ini, kita harus mengetahui hubungan spesifik antara mobil  dengan garasi. Hubungan spesifik antara mobil dengan garasi, yaitu garasi adalah tempat penyimpanan mobil (kata pada urutan ke-2 adalah tempat penyimpanan kata pada urutan ke-1). 

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena kontainer bukanlah tempat untuk menyimpan truk. Kontainer digunakan untuk menyimpan muatan barang yang akan diangkut oleh truk. 

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena hanggar adalah tempat penyimpanan pesawat. 

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang salah. Alasannya, karena landasan bukan tempat menyimpan helikopter. Landasan adalah tempat yang digunakan pesawat untuk lepas landas dan mendarat. 

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang keliru. Alasannya, karena sawah bukan tempat menyimpan traktor. Sawah adalah lahan pertanian yang biasanya memanfaatkan traktor untuk keperluan membajak tanahnya.

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena rel bukan tempat penyimpanan kereta api. Rel adalah lintasan yang digunakan kereta api untuk melaju. 

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Demikian latihan soal TIU CPNS yang dapat kami sampaikan. Berikut ini, artikel lainnya yang mungkin menarik bagi Anda: